PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU KATA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TPS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU MUPEL BAHASA JAWA KELAS IV B SDN PLEBURAN 03 SEMARANG


Anna Setyaningrum, 1401416477 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU KATA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TPS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU MUPEL BAHASA JAWA KELAS IV B SDN PLEBURAN 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416477.pdf - Anna Setyaningrum.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Jawa merupakan bahasa daerah yang perlu dilestarikan karena merupakan kekayaan budaya yang adi luhung. Salah satu keterampilan yang harus dikuasai siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa adalah keterampilan menulis, serta salah satu kompetensi dasar dari keterampilan menulis adalah menulis aksara Jawa. Berdasarkan dokumentasi hasil belajar siswa kelas IV B kurang optimal dikarenakan kurangnya fasilitas media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media dan menguji kelayakan media pembelajaran kartu kata aksara Jawa mupel bahasa Jawa kelas IV B SDN Pleburan 03 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SDN Pleburan 03 Semarang yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis data produk uji kelayakan media kartu kata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kata Aksara Jawa yaitu media permainan Kartu Kata Aksara Jawa dinyatakan sangat layak oleh ahli media dan ahli materi dengan presentase penilaian kelayakan media yaitu 93,75% termasuk kriteria sangat layak, penilaian kelayakan materi yaitu 84,38% termasuk kriteria sangat layak, serta hasil tanggapan dan review guru yaitu 96,67% termasuk kriteria sangat layak. Simpulan penelitian ini adalah Media Kartu Kata Aksara Jawa Mupel Bahasa Jawa dikategorikan sangat layak untuk digunakan pada pembelajaran Bahasa Jawa materi Aksara Jawa “sandhangan panyigeging wanda dan sandhangan wyanjana”. Saran yang diberikan yaitu media kartu kata aksara Jawa dapat dikembangkan lagi oleh guru untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Jawa; kartu kata; kreativitas guru; media
Subjects: L Education > teacher competence
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 29 Sep 2021 04:41
Last Modified: 29 Sep 2021 04:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46933

Actions (login required)

View Item View Item