PENGARUH IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI DI GUGUS HASANNUDIN KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL


Rizqy Bakhrini Sudarma, 1401416469 (2020) PENGARUH IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI DI GUGUS HASANNUDIN KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416469 . pdf - Rizky bukhrini.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian dirumuskan sebagai berikut apakah terdapat pengaruh implementasi kurikulum 2013 terhadap keaktifan belajar siswa, apakah terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan siswa, apakah terdapat hubungan implementasi kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar siswa, dan apakah terdapat pengaruh implementasi kurikulum 2013 dan motivasi belajar terhadap keaktifan belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur berhasil atau tidaknya penelitian yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN se-Gugus Hasannudin Kecamatan Margadana Kota Tegal yang berjumlah 94 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah terdiri dari dua variabel bebas yaitu implementasi kurikulum 2013 (X1) dan motivasi belajar (X2) serta satu variabel terikat yaitu keaktifan belajar siswa (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, dokumentasi, dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara tidak terstruktur dan angket atau kuisioner. Uji prasyarat yang digunakan, yaitu uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Uji analisis akhir yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana, analisis regresi ganda, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda (R), analisis determinasi (R2), uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F), dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh implementasi kurikulum 2013 terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 63,1%. Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan siswa sebesar 72,4%. Terdapat hubungan implementasi kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar siswa yang baik dan dibuktikan dengan nilai rhitung sebesar 0,348. Terdapat pengaruh implementasi kurikulum 2013 dan motivasi belajar terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 85,7% dan sisanya 14,3% dipengaruhi faktor lain. Saran yang dapat disampaikan guru hendaknya dapat menerapkan kurikulum 2013 dengan menciptakan inovasi baru agar pembelajaran kurikulum 2013 tidak membosankan dan siswa merasa termotivasi untuk belajar dan aktif di dalam kelas. Bagi sekolah sebaiknya perlu mengadakan wokshop atau IHT pembelajaran kurikulum 2013 agar guru dapat berinovasi dan kreatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : implementasi kurikulum 2013, motivasi belajar, keaktifan belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 29 Sep 2021 04:33
Last Modified: 29 Sep 2021 04:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46932

Actions (login required)

View Item View Item