IMPLEMENTASI KEGIATAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MEMBANGUN KEBIASAAN MEMBACA SISWA KELAS III SD NEGERI GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN KLIRONG


Arifah Rahayu, 1401416460 (2020) IMPLEMENTASI KEGIATAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MEMBANGUN KEBIASAAN MEMBACA SISWA KELAS III SD NEGERI GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN KLIRONG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416460 - arifah rahayu.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara diperoleh data bahwa terdapat beberapa sekolah yang sarana dan prasarana pendukung kegiatan literasi sekolah belum memadai, minat membaca siswa kelas III rendah dan terdapat siswa yang belum lancar membaca buku.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kegiatan literasi sekolah, faktor pendukung dan penghambat kegiatan literasi sekolah, peran guru dalam kegiatan literasi sekolah siswa kelas III SD Negeri Gugus Diponegoro dan mendeskripsikan cara membangun kebiasaan membaca siswa melalui kegiatan literasi sekolah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru Kelas III dan Siswa Kelas III SD Negeri Gugus Diponegoro. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) kegiatan literasi di SD Negeri Gugus Diponegoro pada tahap pembiasaan dibuktikan dengan sarana dan prasarana pendukung, menciptakan lingkungan yang kaya teks, peran guru dalam kegiatan literasi sekolah dan menerapkan kegiatan membaca 15 menit secara rutin dan berulang-ulang dapat membangun kebiasaan membaca. (2) Faktor pendukung kegiatan literasi sekolah yaitu sarana dan prasarana, alokasi dana dan waktu, peran guru. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya buku, minat baca siswa rendah, fasilitas dan sarana-prasarana yang kurang lengkap, serta guru belum optimal dalam kegiatan literasi sekolah. (3) Peran guru dalam kegiatan literasi sekolah yaitu mengarahkan aktivitas siswa dan membantu siswa memilihkan buku yang akan digunakan. (4) Cara membangun kebiasaan membaca siswa melalui kegiatan literasi sekolah yaitu menyediakan berbagai jenis buku yang disenangi siswa, meningkatkan minat baca siswa, memberikan motivasi kepada siswa dan menciptakan lingkungan yang mendukung kebiasaan membaca. Kegiatan literasi sekolah yang dilaksanakan di SD Negeri Gugus Diponegoro dapat membangun kebiasaan membaca siswa dengan menerapkan kegiatan membaca 15 menit secara rutin dan berulang-ulang yang didukung oleh sarana dan prasarana, peran guru dan lingkungan. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi pembaca. Sekolah sebaiknya dapat mengembangkan kegiatan literasi dan melengkapi sarana serta prasarana kegiatan literasi sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan membaca; kegiatan literasi sekolah
Subjects: L Education > Educational Institutions
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Reading > reading habits
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 29 Sep 2021 04:29
Last Modified: 29 Sep 2021 04:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46930

Actions (login required)

View Item View Item