PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA MODIFIKASI PADA MATERI PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SD N PLEBURAN 03 SEMARANG


Annisa Megasanti, 1401416456 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA MODIFIKASI PADA MATERI PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SD N PLEBURAN 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416456 - Annisa Mega.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketersediaan media yang terbatas pada saat pembelajaran khususnya muatan pelajaran IPS, guru hanya menggunakan buku siswa dan buku guru sehingga berdampak pada kualitas pembelajaran menjadi kurang maksimal. Selain itu media permainan ular tangga juga belum digunakan di SDN Pleburan 03 Semarang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengembangan desain media permainan ular tangga dan kelayakan media tersebut. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitan dan pengembangan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan serta situasi dan kondisi sekarang ini dikarenakan pandemi COVID – 19. Berdasarkan penilaian oleh validator ahli materi media permainan ular tangga memperoleh nilai sebesar 100%, penilaian oleh validator ahli media mendapatkan nilai sebesar 93% dan tanggapan tentang media dari guru kelas IV SDN Pleburan 03 Semarang mendapatkan nilai sebesar 95%. Penelitian ini menghasilkan desain media permainan ular tangga yang berdasarkan hasil persentase kemudian dikonversikan dengan kriteria interpretasi validasi ahli mendapat predikat sangat layak untuk diuji coba sebagai media pembelajaran muatan IPS dengan materi pemanfaatan sumber daya alam. Perlu diadakannya penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektifitas media permainan ular tangga sampai pada tahap uji coba lapangan saat keadaan sudah memungkinkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS; Permainan; Ular Tangga;
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 29 Sep 2021 04:12
Last Modified: 29 Sep 2021 04:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46929

Actions (login required)

View Item View Item