PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN PLAYDOUGH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SBdP KELAS III SDN KALISEGORO


Pramita Melatisari, 1401416454 (2020) PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN PLAYDOUGH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SBdP KELAS III SDN KALISEGORO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416454 - pramita melatisari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Peneliti bertujuan mengembangkan buku pedoman untuk mengetahui kelayakan, dan menguji keefektifan buku pedoman playdough sebagai media pembelajaran karya dekoratif kelas III SDN Kalisegoro. Jenis penelitian Research and Development (R&D) model pengembangan yang dikembangkan Sugiyono.Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan penilaian oleh validator ahli materi buku pedoman playdough dinyatakan sangat layak dengan memperoleh presentase 95% dan penilaian oleh validator ahli media mendapatkan presentase 97,72% dengan kriteria sangat layak untuk di uji cobakan kepada siswa. Hasil uji t kelompok kecil diperoleh thitung sebesar -6,205 dan ttabel dengan α = 5%sebesar 2,571 menghasilkant ≤ − ttabel yaitu − 6,205 ≤ −2.571 maka Ho ditolak dan µB< 0. Nilai hasil belajar siswa pretest pada uji coba kelompok kecil mendapatkan rata-rata 55 dan post test 86. Pada perhitungan uji n-gain siswa juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata yaitu 0,69. Simpulan dari penelitian ini adalah buku pedoman playdough layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran SBdP materi karya dekoratif kelas III SDN Kalisegoro.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: SBdP,buku pedoman playdough, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 29 Sep 2021 04:08
Last Modified: 29 Sep 2021 04:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46928

Actions (login required)

View Item View Item