PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL MATERI SENI RUPA DUA DAN TIGA DIMENSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SBdP KELAS II SDN 3 BEBENGAN


Riski Maulida Fistaningrum, 1401416441 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL MATERI SENI RUPA DUA DAN TIGA DIMENSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SBdP KELAS II SDN 3 BEBENGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416441 - Riski Maulida.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SDN 3 Bebengan khususnya muatan pembelajaran SBdP materi seni rupa dua dan tiga dimensi yang belum optimal karena keterbatasan media dan penggunaanya, yang berpengaruh terhadap hasil belajarnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain, mengetahui kelayakan dan keefektifan media video tutorial dalam pembelajaran SBdP di SDN 3 Bebengan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh Sugiyono. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video tutorial dinyatakan sangat layak digunakan dengan persentase penilaian oleh ahli materi 92,5%, dan ahli media dengan persentase 94,23%. Sedangkan hasil perhitungan uji t menggunakan paired sample t-test diperoleh thitung sebesar – 8, 437 dan ttabel dengan α = 5% sebesar 2.571, menghasilkant ≤ −ttabel,maka Ho ditolak dan µB< 0,dan uji N- Gain memperoleh skor 0,67 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media video tutrorial sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran SBdP materi seni rupa dua dan tiga dimensi siswa kelas II SDN 3 Bebengan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, SBdP, Video Tutorial
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 29 Sep 2021 04:05
Last Modified: 29 Sep 2021 04:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46927

Actions (login required)

View Item View Item