PENGEMBANGAN MEDIA ROTALA (RODA PUTAR PANCASILA) MUATAN PEMBELAJARAN PPKn UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU KELAS II SDN KARANGAYU 01 SEMARANG


Rialatus Sittah, 1401416440 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA ROTALA (RODA PUTAR PANCASILA) MUATAN PEMBELAJARAN PPKn UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU KELAS II SDN KARANGAYU 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416440.pdf - Rialatus Sittah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kreativitas guru dalam menyediakan dam menggunakan media di SDN Karangayu 01 Semarang belum maksimal sehingga siswa belum sepenuhnya memahami materi yang disampaikan utamanya materi Pancasila. Peneliti mengembangkan media untuk meningkatkan kreativitas guru dalam menyediakan dan menggunakan media. Pengembangan media pembelajaran tersebut berupa ROTALA yang disertai dengan kartu. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti merumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah desain media pengembangan media ROTALA (Roda Putar Pancasila)muatan pembelajaran PPKn untuk meningkatkan kreativitas guru kelas II SDN Karangayu 01 Semarang? ; (2) Apakah pengembangan media ROTALA (Roda Putar Pancasila) muatan pembelajaran PPKn layak digunakan untuk meningkatkan kreativitas guru kelas II SDN Karangayu 01 Semarang? ; (3) Bagaimanakah media ROTALA (Roda Putar Pancasila) muatan pembelajaran PPKn dapat meningkatkan kreativitas guru kelas II SDN Karangayu 01 Semarang? Adapun tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media ROTALA, menguji kelayakan media, dan meningkatkan kreativitas guru melalui media ROTALA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengembangan (Research and Development) Sugiyono yang mengadaptasi model Borg and Gall. Teknik yang digunakan yaitu non test dengan instrumen pengumpulan data berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dari bulan Februari 2020 sampai bulan Juni 2020. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil pengembangan berupa media ROTALA; (2) Kelayakan media dinilai dari ahli materi 89,58% dengan kategori sangat layak, ahli media 88,33% dengan kategori sangat layak, serta penilaian dari guru kelas II SDN Karangayu 01 Semarang dan guru kelas II SDN Karangayu 02 Semarang diperoleh persentase 93,75%, dan 100% dengan kategori sangat baik; (3) media ROTALA meningkatkan kreativitas guru. Simpulan penelitian ini (1) Penelitian menghasilkan produk berupa media ROTALA; (2) Pengembangan media ROTALA telah memenuhi kriteria sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Pancasila muatan pembelajaran PPKn; (3) media ROTALA meningkatkan kreativitas guru SDN Karangayu 01 Semarang. Adapun saran dari peneliti yaitu pengembangan media ROTALA kedepannya lebih inovatif dan kreatif, serta guru dan siswa dapat menggunakan media ROTALA sesuai petunjuk penggunaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pancasila; PPKn; ROTALA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 29 Sep 2021 04:01
Last Modified: 29 Sep 2021 04:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46925

Actions (login required)

View Item View Item