Diajukan dalam rangka penyelesaian Studi Strata 1 Untuk mencapai gelar Sarjana Olahraga Jurusan Ilmu Keolahragaan


Nur Faizah, 6211416041 (2020) Diajukan dalam rangka penyelesaian Studi Strata 1 Untuk mencapai gelar Sarjana Olahraga Jurusan Ilmu Keolahragaan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Diajukan dalam rangka penyelesaian Studi Strata 1 Untuk mencapai gelar Sarjana Olahraga Jurusan Ilmu Keolahragaan] PDF (Diajukan dalam rangka penyelesaian Studi Strata 1 Untuk mencapai gelar Sarjana Olahraga Jurusan Ilmu Keolahragaan) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Olahraga tradisional merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yanng memiliki nilai luhur dan unsur olah fisik di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini yakni mengetahui sistem manajemen yang diterapkan Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Pusat dalam upaya melestarikan budaya di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini yakni pengurus KPOTI Pusat, pengurus KPOTI Provinsi atau Daerah, dan Penggiat Olahraga KPOTI Pusat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program kerja KPOTI Pusat disusun melalui kegiatan rapat pleno, program kerja sendiri dibagi menjadi rencana jangka panjang dan rencana jangka pendek. Sedangkan sistem pengorganisasian yang dilakukan oleh KPOTI Pusat dengan memberi ruang bagi bidang-bidang organisasi yang ingin berinovasi dan berkreasi. Konsep pemberian arahan yang dilakukan oleh KPOTI Pusat yaitu melalui kegiatan rapat, untuk proses pengawasan yang dilakukan KPOTI Pusat yakni dengan memanfaatkan media online seperti Whatsaap Group. Sistem pendanaan pada kegiatan yang dilakukan oleh KPOTI Pusat yakni melalui kerjasama dengan pemerintah dan persiapan koperasi serta dana usaha lainnya. Sistem manajemen yang dilakukan oleh KPOTI Pusat sudah sesuai dengan ketentuan berjalannya suatu organisasi, yakni berupa proses perencanaan program kerja, pengorganisasian, sistem pengarahan, pengawasan, serta pendanaan. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan hal-hal yang berkaitan dengan KPOTI maupun permainan rakyat dan olahraga tradisional. Simpulan dan saran dalam penelitian ini yaitu sistem manajemen yang dilakukan oleh KPOTI Pusat sudah sesuai dengan ketentuan berjalannya suatu organisasi, yakni berupa proses perencanaan program kerja, pengorganisasian, sistem pengarahan, pengawasan, serta pendaan. Dalam hal ini KPOTI Pusat dapat mengembangkan program kerja yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi, memaksimalkan penggunaan media massa berbasis online, serta melakukan promosi produk lokal melalui event.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: KPOTI Pusat, Manajemen, Pelestarian Budaya
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 29 Sep 2021 04:00
Last Modified: 29 Sep 2021 04:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46912

Actions (login required)

View Item View Item