HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA KELAS IV SDN GUGUS WERKUDARA KECAMATAN PETANAHAN KEBUMEN
SUSI DWI ASTUTI, 1401416478 (2020) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA KELAS IV SDN GUGUS WERKUDARA KECAMATAN PETANAHAN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA KELAS IV SDN GUGUS WERKUDARA KECAMATAN PETANAHAN KEBUMEN)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan pada kelas IV SD Negeri Gugus Werkudara Kecamatan Petanahan Kebumen menunjukkan sikap sosial aspek tanggung jawab dan percaya diri pada ranah afektif masih rendah. Berdasarkan wawancara dengan guru, didapatkan didapatkan data bahwa faktor yang mempengaruhi sikap sosial yaitu Pola asuh orang tua dan kemandirian belajar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menguji hubungan antara pola asuh orang tua dengan sikap sosial siswa kelas IV SDN Gugus Werkudara Kecamatan Petanahan Kebumen. (2) menguji hubungan antara kemandirian belajar dengan sikap sosial siswa kelas IV SDN Gugus Werkudara Kecamatan Petanahan Kebumen. (3) menguji hubungan antara pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap sikap sosial siswa kelas IV SDN Gugus Werkudara Kecamatan Petanahan Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 158 siswa kelas IV SDN Gugus Werkudara Kecamatan Petanahan Kebumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling sebanyak 111 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Sedangkan teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi Product Moment, analisis korelasi ganda, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh dengan sikap sosial siswa, kontribusi variabel pola asuh orang tua termasuk dalam kategori baik; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan sikap sosial siswa, kontribusi variabel kemandirian belajar ternasuk dalam kategori baik; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap sikap sosial siswa, kontribusi variabel pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap sikap sosial tersebut termasuk dalam kategori kuat. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap sikap sosial siswa kelas IV SDN Gugus Werkudara Kecamatan Petanahan Kebumen. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa diharapkan dapat meningkatkan kemandirian belajarnya dan orang tua hendaknya memperhatikan pola asuh yang diberikan kepada anak.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian belajar; pola asuh orang tua; sikap sosial |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 03:11 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 03:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46907 |
Actions (login required)
View Item |