PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MATERI DONGENG UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SDN CAMPUREJO 02 KABUPATEN KENDAL


Arif Idos Ilham, 1401416438 (2020) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MATERI DONGENG UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SDN CAMPUREJO 02 KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416438 - Idos Ilham.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi dan wawancara peneliti dengan guru kelas II, bahwa terdapat kejenuhan siswa dalam dalam menyimak isi teks cerita, seperti halnya dongeng binatang (fabel). Dalam pembelajaran yang telah dilakukan, pemanfaatan media teknologi belum dimaksimalkan, guru masih terlihat dominan dengan metode ceramah, sehingga pembelajaran tidak optimal. Siswa membutuhkan suatu alternatif untuk mempermudah siswa dalam memahami dongeng. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menguji kelayakan video animasi dongeng (fabel). Jenis penelitian yang dipakai yaitu penelitian pengembangan (R&D) model Borg and Gall, yang disesuaikan menjadi 6 langkah yaitu (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; dan (6) uji coba produk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Video animasi dongeng dibuat dengan durasi ± 12 menit dan terdiri dari beberapa bagian yaitu (1) cover berlogo UNNES, sebagai tampilan awal video; (2) countdown (3) identitas sekolah; (4) identitas pembelaja�ran; (5) kompetensi dasar; (6) indikator (7) cover video; (8) kisah dongeng (fabel) dalam video; (9) quiz time; (10) tahun produksi dan ucapan terima kasih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi dongeng telah layak digunakan, dengan presentase penilaian oleh validator materi dan media masing�masing 83,3% dan 88,3%. Berdasarkan penghitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 3,554 dan ttabel sebesar 2,570, yang berarti thitung > ttabel, maka Ha diterima, dengan peningkatan rata-rata (n-gain) sebesar 0,40 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa video animasi dongeng berhasil dikembangkan dan layak digunakan. Saran dalam penelitian ini yaitu dapat membiasakan guru untuk selalu berlatih mengolah multimedia softskill untuk memperlancar menggunakan aplikasi media editing agar lebih menarik dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: video animasi, dongeng, Bahasa Indonesia
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 29 Sep 2021 03:03
Last Modified: 29 Sep 2021 03:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46904

Actions (login required)

View Item View Item