PENGEMBANGAN BUKU AJAR KERAGAMAN ETNIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN 02 METESEH KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL


Fajar Sodik, 1401416437 (2020) PENGEMBANGAN BUKU AJAR KERAGAMAN ETNIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN 02 METESEH KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416437 - F Shodiq.pdf] PDF
Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 02 Meteseh, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal terhadap muatan pembelajaran IPS khususnya materi keragaman etnis. Berdasarkan data hasil pra�penelitian melalui dokumentasi dan wawancara dengan guru kelas IV SDN 02 Meteseh menunjukan permasalahan yang terjadi pada pembelajaran IPS. Permasalahan tersebut dikarenakan kurangnya ketersediaan sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran hanya terbatas pada buku guru dan buku siswa. Hal tersebut berakibat pada rendahnya hasil belajar IPS terutama pada materi keragaman etnis. Sehingga perlu dikembangkan buku ajar muatan pembelajaran IPS materi keragaman etnis yang dilengkapi dengan gambar-gambar konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan desain, kelayakan, dan keefektifan buku ajar pada pembelajaran IPS kelas IV SDN 02 Meteseh. Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan menurut Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan, meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk, produksi masal. Dalam penelitian ini hanya sampai tahap ke 6 yaitu uji coba produk pada 6 anak yang diambil berdasarkan tingkatan akademik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 Meteseh. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; (1) uji kelayakan oleh ahli media dan materi mendapatkan penilaian 87,5% dan 90,06% dengan kriteria sangat layak; (2) keefektifan buku ajar dilihat dari hasil belajar 6 siswa yang menunjukan peningkatan antara sebelum dan sesudah penggunaan buku ajar yang dihitung dengan rumus N-gain diperoleh 0,62 dengan kriteria sedang, serta dari respon guru dan siswa yang memperoleh hasil 86,2% dan 91% dengan kriteria sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku ajar keragaman etnis layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPS pada kelompok kecil.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku ajar keragaman etnis; hasil belajar IPS.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 29 Sep 2021 02:59
Last Modified: 29 Sep 2021 02:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46902

Actions (login required)

View Item View Item