Sistem Penataan Arsip Dinamis Aktif Pada Sub Bagian Umum Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Jawa Tengah.

Sigit Oktavianto, 3354302521 (2005) Sistem Penataan Arsip Dinamis Aktif Pada Sub Bagian Umum Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Jawa Tengah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Sistem Penataan Arsip Dinamis Aktif Pada Sub Bagian Umum Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Jawa Tengah.) - Published Version
Download (240Kb)

    Abstract

    Dalam pelaksanaan kegiatan kantor yang semakin maju, arsip sangat berperan penting dalam perjalanan kehidupan suatu kantor oleh karena itu untuk menjaga daur hidup arsip dari mulai penciptaan, penggunaan, pemeliharaan dan pemindahan serta pemusnahannya, diperlukan sistem penataan yang baik dan benar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penataan arsip dinamis aktif ?, (2) Langkah-langkah yang dilakukan untuk menata arsip dinamis aktif ?, (3) Kendala-kendala yang dihadapi dalam penataan arsip dinamis aktif ?. Prosedur penelitian bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana penataan arsip dinamis aktif. (2) Untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan untuk menata arsip dinamis aktif. (3) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi didalam penataan arsip dinamis aktif. Lokasi penelitian pada Sub Bagian Umum Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Jawa Tengah. Objek kajian dari penelitian ini adalah sistem penataan arsip dinamis aktif. Metode pengumpulan data, Observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka, data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif. Secara keseluruhan arsip yang dikelola pada Sub Bagian Umum Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Jawa Tengah sudah ditata dengan baik meskipun masih terdapat beberapa kekurangan, sedangkan sistem penyimpanannya menggunakan sistem pokok masalah atau pokok soal yang masalahnya sudah ditentukan oleh instansi tersebut. Langkah-langkah penataan yang dilakukan meliputi pengelompokan arsip, pemberian kartu kendali dan penyimpanan arsip. Sedangkan kendala yang dihadapi adalah kurangnya SDM, tidak adanya tenaga khusus yang menangani masalah kearsipan dan kurangnya peralatan. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa sistem penataan arsip dinamis aktif pada Sub Bagian Umum Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Jawa Tengah sudah ditata dengan baik, akan tetapi belum sempurna karena masih ada arsip yang hanya dimasukkan tanpa adanya penataan yang baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen Perkantoran, D3
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 28 Mar 2011 22:22
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:02

    Actions (login required)

    View Item