KEEFEKTIFAN MEDIA LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN TEMA 7 SUBTEMA 2 DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SD N 03 ASEMDOYONG KABUPATEN PEMALANG


Refi Madani, 1401416413 (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN TEMA 7 SUBTEMA 2 DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SD N 03 ASEMDOYONG KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416413 - Refi Madani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis puisi pada umumnya masih kurang maksimal. Berdasarkan hal tersebut, guru perlu memberikan adanya sebuah inovasi dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar adalah penerapan media pembelajaran lingkungan. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan media lingkungan ditinjau dari minat dan hasil belajar Bahasa Indonesia antara kelas yang menggunakan media lingkungan dengan yang menggunakan media gambar pada materi menulis puisi di kelas IV. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 03 Asemdoyong Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 61 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas IVA SD N 03 Asemdoyong Kabupaten Pemalang sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB SD N 03 Asemdoyong Kabupaten Pemalang sebagai kelas kontrol. Uji coba instrumen dilakukan di kelas IV SD N 04 Asemdoyong Kabupaten Pemalang. Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan independent samples t test dan one samples t test. Hasil menunjukkan thitung > ttabel (2,760 > 2,001), sehingga H01 ditolak. Perhitungan minat yang lebih tinggi menggunakan rumus empiris menunjukkan bahwa selisih nilai rata-rata pada kelas eksperimen > kelas kontrol (6,78 > 0,28). Perhitungan uji keefektifan minat belajar menggunakan uji one samples t test menunjukkan thitung > ttabel (2,047 > 1,696), sehingga H0 ditolak. Hasil uji hipotesis untuk hasil belajar siswa menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan thitung > ttabel (3,852 > 2,001), sehingga H01 ditolak. Perhitungan hasil belajar yang lebih tinggi menggunakan rumus empiris menunjukkan bahwa selisih nilai rata-rata pada kelas eksperimen > kelas kontrol (21,47 > 15,07). Uji keefektifan hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (2,162 > 1,696) , sehingga H0 ditolak. Simpulan penelitian skripsi ini adalah penerapan media lingkungan terbukti efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar siswa daripada media gambar. Saran peneliti bagi guru yaitu diharapkan guru mulai menerapkan media pembelajaran lingkungan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Lingkungan, Minat Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > Educational Institutions > learning facilities
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 29 Sep 2021 02:07
Last Modified: 29 Sep 2021 02:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46896

Actions (login required)

View Item View Item