EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN E-LEARNING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 13 SEMARANG
KHALIMATUL SA’DIYAH, (3201413016 (2020) EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN E-LEARNING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 13 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.
PDF (EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN E-LEARNING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 13 SEMARANG)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Sa’diyah, Khalimatul. 2020. Evaluasi Pembelajaran E-Learning dalam Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 13 Semarang. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. Tjaturrahono Budi Sanjoto, M.Si. Kata Kunci: Evaluasi, Pembelajaran, E-Learning SMA Negeri 13 Semarang telah melaksanakan pembelajaran e-learning dengan latar belakang adanya pandemi COVID-19 yang melarang pembelajaran dilakukan dengan bertatap muka secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran e-learning, untuk mengetahui apa saja faktor penunjang dalam pembelajaran e-learning dan apa saja kendala yang dihadapi guru maupun siswa dalam melaksanakan pembelajaran e-learning pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 13 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis data model alir yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1.) Pelaksanaan pembeljaran geografi dengan e-learning menggunakan berbagai aplikasi yaitu Quiz, Quipper, dan Google Classroom yang memberikan materi yang menyenangkan bagi siswa, namun mempersulit siswa yang memiliki keterbatasan sarana dan prasarana yang belum memadai; (2.) Pembelajaran e-learning disambut antusias oleh guru dan siswa, karena aplikasi memberikan banyak fitur menarik sehingga materi mudah dipahami dan diterima oleh siswa; (3.) Proses pembelajaran memberikan hasil belajar yang meningkat bagi siswa. (4.) Kendala sarana dan prasarana siswa mempengaruhi pengetahuan dan keterampilan siswa dalam mengoperasikan elearning. Padahal, teknologi dan jaringan internet menjadi komponen terpenting dalam e-learning. Kendala siswa dalam mengatur waktu dan berkonsentrasi juga menjadi masalah. Karena semua mata pelajaran dilakukan dengan daring dengan kondisi lingkungan siswa yang tidak selamanya mendukung untuk belajar. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu adanya berbagai aplikasi yang digunakan guru dalam mengajar sangat membantu siswa dalam menerima pembelajaran apabila sarana dan prasarana memadai. Teknologi dan internet adalah hal yang pokok dan sangat berperan penting bagi kelancaran pembelajaran elearning. Intensitas interaksi guru dengan siswa juga perlu untuk dikembangkan dalam pembelajaran e-learning. Karena, kebanyakan guru hanya memberikan materi dan tugas saja. Interaksi lain seperti tanya jawab masih kurang. Sehingga pembelajaran terkesan tidak ada timbal balik antara guru dengan siswa. Disamping itu, kreatifitas siswa ternyata sangat berpengaruh dengan hasil pengetahuan yang didapat. Semakin banyak siswa untuk berkreasi mencari sumber belajar, maka pengetahuan mereka akan bertambah. Saran untuk guru, sebaiknya memberikan materi dan tanya jawab yang lebih banyak daripada hanya memberikan tugas secara terus menerus. Saran untuk siswa, seharusnya lebih kreatif dalam menerima pelajaran, sehingga akan berfikir maju dengan selalu mencari materi dan pengetahuan tambahan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Pembelajaran, E-Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 08:15 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 08:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46875 |
Actions (login required)
View Item |