PARTISIPASI SISWA DALAM KEGIATAN LINGKUNGAN PROGRAM ADIWIYATA DI SMA NEGERI 1 KALIWUNGU


Muhammad Ikhlasul Amal, 3201413011 (2020) PARTISIPASI SISWA DALAM KEGIATAN LINGKUNGAN PROGRAM ADIWIYATA DI SMA NEGERI 1 KALIWUNGU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of PARTISIPASI SISWA DALAM KEGIATAN LINGKUNGAN PROGRAM ADIWIYATA DI SMA NEGERI 1 KALIWUNGU] PDF (PARTISIPASI SISWA DALAM KEGIATAN LINGKUNGAN PROGRAM ADIWIYATA DI SMA NEGERI 1 KALIWUNGU) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ikhlasul Amal, Muhammad. 2020. Partisipasi Siswa Dalam Kegiatan Lingkungan Program Adiwiyata Di SMA Negeri 1 Kaliwungu. Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing: Drs. Suroso, M.Si dan wahyu Setyaningsih, S.T, M.T Kata Kunci: Partisipasi, Adiwiyata, Kegiatan Lingkungan Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Untuk mencapai sekolah adiwiyata yang ideal salah satunya dengan melaksanakan kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang terencana bagi warga sekolah. SMA Negeri 1 Kaliwungu merupakan salah satu SMA di Kabupaten Kendal yang merupakan sekolah adiwiyata tingkat kabupaten. Permasalahan dalam penelitian ialah Bagaimana Tingkat Partisipasi Siswa dalam Kegiatan Lingkungan Program Adiwiyata Di SMA Negeri 1 Kaliwungu. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Tingkat Partisipasi Siswa dalam Kegiatan Lingkungan Program Adiwiyata Di SMA Negeri 1 Kaliwungu. Populasi dalam penelitian semua siswa SMA Negeri 1 Kaliwungu dari kelas X, XI, dan XII yang berjumlah 1.053 dan sample yang digunakan 10% dari populasi yaitu 105 siswa. Teknik sampling menggunakan Proportionate Random Sampling yaitu teknik pengambilan berdasarkan proporsi jumlah anggota sub-populasi yaitu sub-populasi kelas X, XI, dan XII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan menggunakan analisis frekuensi untuk mendeskripsikan tingkat partisipasi siswa dalam kelingkungan pada program adiwiyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi siswa di SMA Negeri 1 Kaliwungu masih rendah. Distribusi frekuensi menunjukkan mayoritas siswa kategori rendah yaitu 56,19%.Ketegori rendah menunjukkan bahwa jumlah siswa yang ikut berpartisipasi belum mencapai target yang diharapkan sekolah. Rendahnya partisipasi siswa karena siswa dalam melaksanan kegiatan memelihara taman, membuat resapan, mendaur ulang sampah, dan menghasilkan karya seni atau ilmiah belum sesuai harapan. Hal ini menghambat program adiwiyata di SMA Negeri 1 Kaliwungu. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa partisipasi siswa dalam kegiatan lingkungan di SMA Negeri 1 Kaliwungu masih rendah. Penelitian merekomendasikan perlu adanya pembagian kerja dalam kegiatan terhadap siswa supaya terdapat kesempatan yang sama dalam berpartisipasi, membuat slogan-slogan bertemakan lingkungan untuk menumbukan kesadaran siswa dalam berpartisipasi, dan pendampingan terhadapt siswa dalam mengasilkan karya supaya lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Adiwiyata, Kegiatan Lingkungan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences > environmental Impact
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 28 Sep 2021 08:11
Last Modified: 28 Sep 2021 08:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46874

Actions (login required)

View Item View Item