PENGARUH LATIHAN PASSING BAWAH DENGAN METODE TEMBOK SASARAN BERGARIS KAKI SEJAJAR DAN DIDEPAN TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH (Eksperimen Pada Klub Pervopa Kota Semarang Tahun 2020)


Damhar Maulana, 6301416179 (2021) PENGARUH LATIHAN PASSING BAWAH DENGAN METODE TEMBOK SASARAN BERGARIS KAKI SEJAJAR DAN DIDEPAN TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH (Eksperimen Pada Klub Pervopa Kota Semarang Tahun 2020). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LATIHAN PASSING BAWAH DENGAN METODE TEMBOK SASARAN BERGARIS KAKI SEJAJAR DAN DIDEPAN TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH (Eksperimen Pada Klub Pervopa Kota Semarang Tahun 2020)] PDF (PENGARUH LATIHAN PASSING BAWAH DENGAN METODE TEMBOK SASARAN BERGARIS KAKI SEJAJAR DAN DIDEPAN TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH (Eksperimen Pada Klub Pervopa Kota Semarang Tahun 2020)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Klub bola voli Pervopa Kota Semarang memiliki kemampuan passing yang kurang maksimal dan akurasi yang kurang tepat, artinya harus ada metode latihan yang sesuai dan rutin dilakukan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh passing bawah dengan metode tembok sasaran bergaris kaki sejajar dan di depan serta perbandingannya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pola A-B-B-A. Data diambil melalui pre-test dan post-test. Variabel yang digunakan yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas yaitu latihan passing bawah dengan tembok sasaran bergaris kaki sejajar dan satu kaki didepan. Variabel terikat yaitu kemampuan passing bawah dalam permainan bola voli. Populasi menggunakan atlet Pervopa Kota Semarang berjumlah 37 atlet dan sampel sebanyak 20 atlet dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh latihan passing bawah sasaran tembok sasaran bergaris kaki sejajar terhadap kemampuan passing bawah, 2) Ada pengaruh latihan passing bawah dengan tembok sasaran bergaris satu kaki di depan terhadap kemampuan passing bawah, dan 3) Latihan passing bawah menggunakan tembok sasaran bergaris kaki sejajar peningkatanya sebesar 13,32%. Sedangkan hasil dari latihan passing bawah menggunakan tembok sasaran bergaris satu kaki di depan peningkatanya sebesar 6,48%. Simpulan : Latihan passing bawah menggunakan tembok sasaran bergaris satu kaki di depan dan sejajar sama-sama memiliki pengaruh terhadap kemampuan passing pada atlet Pervopa Kota Semarang. Saran : Sebaiknya untuk meningkatkan kemampuan passing bawah pelatih menerapkan latihan passing bawah dengan tembok sasaran bergaris satu kaki di depan mengingat latihan ini selain berpotensi meningkatkan kemampuan passing bawah juga mampu meningkatkan kombinasi serang permainan bola voli.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: latihan, kemampuan passing bawah
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 28 Sep 2021 07:51
Last Modified: 28 Sep 2021 07:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46868

Actions (login required)

View Item View Item