PERBANDINGAN KECERDASAN MUSIKAL SISWA YANG MENDAPATKAN DAN TIDAK MENDAPATKAN EKSTRAKURIKULER ANSAMBEL PIANIKA PADA PEMBELAJARAN MUSIK DI SD GUGUS KENANGA KEBUMEN


Feronica Nita Deavani, 1401416381 (2020) PERBANDINGAN KECERDASAN MUSIKAL SISWA YANG MENDAPATKAN DAN TIDAK MENDAPATKAN EKSTRAKURIKULER ANSAMBEL PIANIKA PADA PEMBELAJARAN MUSIK DI SD GUGUS KENANGA KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416381 - fnita deavani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di SDN Gugus Kenanga Kebumen, yaitu kemampuan siswa kelas V dalam seni musik mayoritas lebih berkembang pada ranah pengetahuan secara teoritis dibandingkan praktek bermain pianika. Siswa memahami materi tangga nada seperti konsep maupun jenis tangga nada secara teoritisnya, namun kesulitan mengaplikasikan dalam bermain pianika atau kurang terampil bermain pianika. Salah satu faktor penyebab hal tersebut adalah kegiatan ekstrakurikuler ansambel pianika untuk menunjang pengembangan keterampilan bermain pianika hanya dilakukan di SDN 1 Tersobo. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk mengetahui secara rinci perbandingan keterampilan bermain pianika pada kedua sekolah tersebut sehingga diketahui kecerdasan musikalnya karena keterampilan bermain pianika merupakan salah satu cara mengembangkan kecerdasan musikal. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi perbedaan signifikan antara kecerdasan musikal siswa yang mendapatkan dan tidak mendapatkan ekstrakurikuler ansambel pianika pada pembelajaran musik di SDN Gugus Kenanga. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V yang dibagi menjadi 2 kelas penelitian, SDN 1 Tersobo sebagai kelas A (mendapatkan ekstrakurikuler ansambel pianika) dan SDN 2 Sidogede sebagai kelas B (tidak mendapatkan ekstrakurikuler ansambel pianika). Teknik pengumpulan data mengunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan SDN 1 Tersobo memiliki rata-rata nilai keterampilan bermain pianika lebih tinggi 15,74 dibandingkan SDN 2 Sidogede pada pretest. Pada posttest, SDN 1 Tersobo memiliki rata-rata nilai keterampilan bermain pianika lebih tinggi 13,89 dibandingkan SDN 2 Sidogede. Selisih nilai rata-rata pretest maupun posttest kedua sekolah tersebut menunjukkan adanya perbedaan keterampilan bermain pianika siswa. Hal ini dibuktikan menggunakan uji t independent samples t-test dan diperoleh hasil sig. 0,039  0,05. Artinya, ada perbedaan signifikan antara siswa yang mendapatkan dan tidak mendapatkan ekstrakurikuler ansambel pianika pada pembelajaran musik di SDN Gugus Kenanga Kebumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan musikal, ekstrakurikuler ansambel, pianika
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 28 Sep 2021 07:48
Last Modified: 28 Sep 2021 07:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46866

Actions (login required)

View Item View Item