KEEFEKTIFAN MODEL SAVI BERBANTUAN LAGU UNTUK MENIGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SDN GUGUS SRIKANDI SEMARANG


Evan Rizky Fadilla, 1401416378 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL SAVI BERBANTUAN LAGU UNTUK MENIGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SDN GUGUS SRIKANDI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416378 - Evan Rizky F.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas pembelajaran dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara di lapangan, masih ada guru yang mengajarkan matematika materi ciri bangun datar dan bangun ruang hanya secara lisan yang masih terlihat abstrak tanpa adanya penjelasan dengan gambaran bentuk konkret sehingga siswa hanya cenderung sekedar menghafal saja. Tanpa adanya aktivitas siswa dalam belajar memahami materi, siswa menjadi cenderung pasif dan mudah bosan. Suasana pembelajaran menjadi kurang optimal. Dampak yang ditimbulkan adalah hasil belajar kognitif siswa menjadi rendah. Berdasarkan hal tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran materi ciri bangun datar dan bangun ruang, salah satunya yaitu model SAVI berbantuan lagu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design dengan Pretest-Posttest Control Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas II SDN Gugus Srikandi Semarang. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh dengan anggota sampel 28 siswa SDN Bojong Salaman 02 sebagai kelas eksperimen dan 26 siswa SDN Gisikdrono 02 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validitas, uji reabilitas, uji kesamaan rata-rata, uji normalitas, uji homogenitas, uji t sampel berpasangan, dan uji N-Gain dibantu dengan Ms. Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan minat belajar dan hasil belajar kognitif siswa. Peningkatan kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Diperkuat dengan perhitungan N-Gain terhadap minat belajar pada kelas eksperimen sebesar 0,31 masuk dalam kategori sedang, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,09 masuk dalam kategori rendah. Perhitungan N-Gain hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen sebesar 0,77 masuk dalam kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,20 masuk dalam kategori rendah. Ketuntasan hasil belajar dengan KKM 73, pada kelas ekperimen telah mencapai KKM, sedangkan pada kelas kontrol belum mencapai KKM. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran model SAVI berbantuan lagu efektif untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Gugu Srikandi Semarang materi ciri-ciri bangun datar dan bangun ruang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: SAVI; lagu; minat belajar; hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 28 Sep 2021 07:41
Last Modified: 28 Sep 2021 07:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46865

Actions (login required)

View Item View Item