Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Berbasis Adobe Flash “APTEDO” Materi Tembang Dolanan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Plosojenar Jakenan


Muhammad Habib Ridwan, 1401416377 (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Berbasis Adobe Flash “APTEDO” Materi Tembang Dolanan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Plosojenar Jakenan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416377 - muhammadhabib ridwan.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III SDN Plosojenar dalam pembelajaran tembang dolanan, siswa kesulitan memahami kosakata sulit didalam tembang dolanan, apalagi dengan media pembelajaran yang terbatas pada buku LKS kurang mampu membangkitkan antusiasme siswa dalam proses pembelajaran, sehinga siswa sering ribut sendiri dan menyebabkan guru kesulitan mengondisikan siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan desain, menguji, dan mengetahui keefektifan media pembelajaran aplikasi APTEDO materi dalam meningkatkan hasil belajar tembang dolanan, desain pengembangan media pembelajaran mengunakan teori pengembangan produk menurut Sugiyono (2016:409) yang terdiri dari sepuluh tahapan. Teknik pengumpulan data dengan mengunakan teknik tes dan non tes, subjek didalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas 3 SDN Plosojenar, ahli media, ahli materi dan peneliti, analisi data dalam penelitian ini mengunakan analisi produk dan analisi hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan: (1) analisis data produk media pembelajaran memperoleh hasil penilaian dari ahli materi dengan presentase 87,5% materi di dalam media masuk kategori sangat layak, dan penilaian dari ahli media dengan presentase 86,5 % media masuk kategori sangat layak. (2) pengunan media aplikasi APTEDO efektif dalam meningkatkan hasil belajar tembang dolanan siswa hal ini dibuktikan dengan terjadi peningkatan pada rata-rata hasil belajar baik koognitif dengan nilai uji n-gain 0.51 pada kelompok besar, dan rata-rata hasil belajar psikomotor memperoleh nilai n-gain 0.5 yang berada pada kriteria sedang. Simpulan dalam penelitian ini menunjukan hasil pengembangan media aplikasi APTEDO telah memenuhi kriteria layak dan dapat meningkatkan hasil belajar tembang dolanan siswa kelas III SDN Plosojenar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Aplikasi, Adobe Flash, Tembang Dolanan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 28 Sep 2021 07:37
Last Modified: 28 Sep 2021 07:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46859

Actions (login required)

View Item View Item