HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEDISIPLINAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS DEWI KUNTHI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Yuninda Ike Muri Saputri, 1401416321 (2020) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEDISIPLINAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS DEWI KUNTHI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEDISIPLINAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS DEWI KUNTHI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG] PDF (HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEDISIPLINAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS DEWI KUNTHI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Faktor yang memepengaruhi hasil belajar terbagi menjadi tiga yaitu, faktor internal (dari dalam diri siswa), faktor eksternal (dari luar siswa), dan faktor pendekatan belajar (meliputi strategi dan metode belajar siswa). Faktor internal sendiri yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa sendiri misalkan minat, bakat, motivasi, kematangan, kreativitas, dan kesiapan. Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar diri siswa misalkan kurikulum, disiplin belajar, sarana prasarana, dan lingkungan sekitar siswa. Penelitian ini dibuat untuk tujuan menguji apakah ada hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Dewi Kunthi, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasi. Populasi yang digunakan digunakan oleh penelitian sebanyak 119 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik sampel jenuh yang artinya semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik tes yang berupa soal essay, dan teknik non tes yang berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Dan analisis data awal peneliti menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas.sedangkan untuk analisis data akhir peneliti menggunakan uji korelasi sederhana, uji korelasi ganda, uji F, dan uji determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kreatif dan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar IPS. Hal ini ditunjukkan dengan adanya data penelitian berupa rhitung > rtabel yakni 0,768 > 0,190 dengan taraf signifikansi 5%, dan juga hasil korelasi ganda penelitian ini menunjukkan kategori kuat dan bernilai positif serta memiliki kontribusi sebesar 59% terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV sisanya 41% dipengaruhi oleh faktor lain. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kreatif dan variabel kedisiplinan belajar secara bersama dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Dewi Kunthi, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Peneliti menyarankan kepada guru maupun orangtua agar lebih dapat mengasah dan melatih kemampuan berpikir kreatif dan kedisiplinan belajar siswa karena itu sangat membantu siswa dalam memecahkan berbagai permasalahan saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kreatif, kedisiplinan belajar, hasil belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Sep 2021 07:34
Last Modified: 28 Sep 2021 07:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46857

Actions (login required)

View Item View Item