MOTIVASI ATLET SENAM RITMIK BERPRESTASI DI KOTA SEMARANG


YULIANI, 6101416094 (2020) MOTIVASI ATLET SENAM RITMIK BERPRESTASI DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MOTIVASI ATLET SENAM RITMIK BERPRESTASI DI KOTA SEMARANG] PDF (MOTIVASI ATLET SENAM RITMIK BERPRESTASI DI KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi atlet senam ritmik beprestasi di Klub Wimilia Kota Semarang. Rumusan masalah 1) apa saja yang menjadi faktor motivasi atlet senam ritmik berprestasi di Klub Wimilia Kota Semarang?, 2) bagaimana fasilitas yang mendukung atlet berprestasi di Klub Wimilia Kota Semarang. Tujuan penelitian 1) untuk mengetahui apa saja faktor motivasi atlet senam ritmik berprestasi di Klub Wimilia Kota Semarang, 2) untuk mengetahui fasilitas yang mendukung atlet berprestasi di Klub Wimilia Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Analisis data menggunakan teknik deskriptif distribusi frekuensi. Teknik pengambilan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini didapat bahwa. (1) faktor yang mempengaruhi motivasi atlet senam ritmik berprestasi di Kota Semarang meliputi 2 faktor yaitu internal yaitu kebutuhan fisiologi dengan skor 4,72 dan kebutuhan aktualisasi diri dengan skor 4,47. Faktor eksternal yaitu kebutuhan rasa aman dengan skor 4,67; kebutuhan sosial dengan skor 4,23 dan kebutuhan penghargaan dengan skor 4,69. Sehingga diperoleh faktor internal dengan rata-rata 4,6 dan faktor eksternal dengan rata-rata 4,5. (2) fasilitas yang disediakan klub meliputi pelatih profesional, alat fitnes untuk atlet sebelum dan sesudah latihan, alat senam ritmik yang lengkap sesuai standar internasional, dan gedung yang layak. Simpulan dari penelitian ini adalah motivasi atlet senam ritmik berprestasi di Kota Semarang dipengaruhi beberapa faktor yaitu faktor internal. Selain hal tersebut, fasilitas yang disediakan klub untuk menunjang atletnya untuk tetap berprestasi dengan memberikan fasilitas yang layak dan memenuhi standar internasional. Saran yang diberikan peneliti yaitu pelatih diharapkan untuk lebih memberikan motivasi yang membangkit bagi atlet yang memiliki motivasi rendah supaya mempunyai motivasi yang tinggi untuk berprestasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Atlet Berprestasi
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 28 Sep 2021 07:35
Last Modified: 28 Sep 2021 07:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46855

Actions (login required)

View Item View Item