HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SBDP MATERI GERAK TARI KREASI DAERAH KELAS IV SD NEGERI GUGUS LODAN KOTA SEMARANG


Vera Nurul Azizah, 1401416359 (2021) HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SBDP MATERI GERAK TARI KREASI DAERAH KELAS IV SD NEGERI GUGUS LODAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416359 - Vera Azizah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan sering dijumpai pada setiap jenjang pendidikan, termasuk di SDN Gugus Lodan Kota Semarang yang menunjukkan nilai hasil belajar muatan pembelajaran SBdP materi gerak tari kreasi daerah siswa yang bervariasi. Hal ini terjadi karena terbatasnya media pembelajaran yang digunakan dan kurangnya motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian adalah untuk menguji Hubungan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhahdap Hasil Belajar SBdP Materi Gerak Tari Kreasi Daerah Kelas IV SD Negeri Gugus Lodan Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasi. Populasi penelitian siswa kelas IV berjumlah 128 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah proportional random sampling dengan jumlah responden 108 siswa. Teknik pengumpulan data menggunkan wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data dengan analisis statistik deskiptif dan analisis product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan media pembelajaran dengan hasil belajar muatan pembelajaran SBdP siswa kelas IV Gugus Lodan Kota Semarang dengan rhitung 0,660 serta berkontribusi sebesar 43%. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan motivasi belajar dengan hasil belajar muatan pembelajaran SBdP siswa kelas IV Gugus Lodan Kota Semarang rhitung sebesar 0,684 serta berkontribusi sebesar 46,8%. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan media pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar muatan pembelajaran SBdP siswa kelas IV Gugus Lodan Kota Semarang, dengan rhitung 0,785 serta berkontribusi sebesar 61,6%. Simpulan penelitian adalah terdapat hubungan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar SBdP materi gerak tari kreasi daerah kelas IV SD Negeri Gugus Lodan Kota Semarang. Saran penelitian : guru sebaiknya lebih kreatif dalam mengembangkan media pembelajran dan meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar SBdP, gerak tari kreasi daerah, media pembelajaran, motivasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 28 Sep 2021 07:01
Last Modified: 28 Sep 2021 07:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46844

Actions (login required)

View Item View Item