PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI KALIMAT SARAN SISWA KELAS III SDN SEKARAN 02 KOTA SEMARANG


Nafisa Hana Hartania, 1401416357 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI KALIMAT SARAN SISWA KELAS III SDN SEKARAN 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416357 - Nafisa Hana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum adanya inovasi media pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan muatan bahasa Indonesia, khususnya materi kalimat saran, yang menyebabkan siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis flash muatan bahasa Indonesia materi kalimat saran yang bertujuan: (1) mengembangkan media pembelajaran; (2) mengetahui hasil kelayakan media; dan (3) menguji keefektifan media. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil pengembangan media divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Pada uji skala kecil dipilih 10 siswa dan uji skala besar dengan jumlah 31 siswa di SDN Sekaran 02 Kota Semarang. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, uji t, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis flash materi kalimat saran layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Dari hasil validasi materi diperoleh presentase sebesar 95% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi media mendapat presentase 96% dengan kriteria sangat layak, serta hasil validasi bahasa diperoleh presentase 93% dengan kategori layak. Hasil belajar pretest dan posttest dihitung menggunakan N-Gain mengalami peningkatan sebesar 0,7277 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan uji hipotesa dengan uji t-test diperoleh bahwa t hitung (8,17) > t tabel (2,04) maka Ha diterima. Simpulannya media pembelajaran berbasis flash materi kalimat saran layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran materi kalimat saran kelas III SDN Sekaran 02. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan media yang lebih baik dan inovatif sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: flash; media pembelajaran; kalimat saran; Bahasa Indonesia
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:41
Last Modified: 28 Sep 2021 06:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46842

Actions (login required)

View Item View Item