PENGEMBANGAN BUKU AJAR ELINVA (ELEKTRONIK, INTERAKTIF, INOVATIF) BERBASIS AUDIO, VISUAL, KINESTETIK MATERI MACAM-MACAM GAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN 1 JAMBU


Faizatur Rifqiyah, 1401416332 (2020) PENGEMBANGAN BUKU AJAR ELINVA (ELEKTRONIK, INTERAKTIF, INOVATIF) BERBASIS AUDIO, VISUAL, KINESTETIK MATERI MACAM-MACAM GAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN 1 JAMBU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416332 - faiza rifqiyah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan dari hasil observasi awal di kelas IV SDN 1 Jambu didapatkan permasalahan pada pembelajaran IPA yaitu keterbatasan sumber belajar dan juga siswa masih kesulitan dalam memahami materi IPA, Sehingga berdampak pada masih rendahnya hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan buku ajar ELINVA (Elektronik, Interaktif, Inovatif) berbasis audio, visual, kinestetik materi macam-macam gaya pada muatan pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian dilaksanakan pada 1-3 April 2020, menggunakan pendekatan penelitian pengembangan dengan jenis penelitian Research and Development. Prosedur penelitian menggunakan model penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi 8 dari 10 langkah model pengembangan menurut Sugiyono dengan tahapan: (1) analisis potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) Validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Jambu, dengan subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas IV SDN 1 Jambu Kabupaten Jepara, guru kelas, pakar ahli materi dan media serta peneliti.Variabel bebas penelitian ini adalah buku ajar ELINVA sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar muatan IPA. Penilaian kelayakan buku ajar ELINVA berdasarkan penilaian validator ahli materi dan media dan uji kelas kecil. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, data dokumentasi, angket dan tes.Teknik analisis data menggunakan analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan uji n-gain dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar ELINVA berbasis audio, visual, kinestetik layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan penilaian validator ahli dari segi materi sebesar 80% dengan kategori layak dan segi media 91% dengan kategori sangat layak, dari hasil uji t diketahui terdapat perbedaan rata�rata hasil belajar antara sebelum dan sesudah menggunakan buku ajar ELINVA, pada uji n-gain didapatkan hasil perhitungan sebesar 0,51dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku ajar ELINVA berbasis audio, visual, kinestetik pada pembelajaran IPA menggunakan telah layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPA; buku ajar; pengembangan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:35
Last Modified: 28 Sep 2021 06:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46840

Actions (login required)

View Item View Item