(ABSTRAK) EKSISTENSI PEMBELAJARAN TARI JAWA PADA SISWA ETNIS TIONGHOA DI SMP KARANGTURI SEMARANG


MARIA UTI UTARI , 2502406011 (2011) (ABSTRAK) EKSISTENSI PEMBELAJARAN TARI JAWA PADA SISWA ETNIS TIONGHOA DI SMP KARANGTURI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) EKSISTENSI PEMBELAJARAN TARI JAWA PADA SISWA ETNIS TIONGHOA DI SMP KARANGTURI SEMARANG]
Preview
PDF ((ABSTRAK) EKSISTENSI PEMBELAJARAN TARI JAWA PADA SISWA ETNIS TIONGHOA DI SMP KARANGTURI SEMARANG) - Published Version
Download (69kB) | Preview

Abstract

Eksistensi pembelajaran Tari Jawa di SMP Karangturi Semarang adalah pembelajaran yang mempunyai keunikan karena mayoritas peserta didiknya dari kalangan etnis Tionghoa. Mayoritas peserta didik yang berasal dari etnis Tionghoa membuat pembelajaran tari Jawa di SMP Karangturi banyak mengalami hambatan. Berdasarkan keunikannya, pembelajaran Tari Jawa di SMP Karangturi menarik untuk diteliti. Adapun permasalahan yang diteliti adalah bagaimanakah pembelajaran tari Jawa di SMP Karangturi. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu prosedur penelitian yang menggunakan data kualitatif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Alat pengambilan data yang digunakan berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Proses pembelajaran Tari Jawa di SMP Karangturi pada waktu penelitian dilakukan menunjukkan hasil baik. Keberhasilan pembelajaran tampak pada hasil evaluasi, yaitu semua peserta didik memperoleh nilai di atas nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Adapun penyebabnya karena guru menggunakan strategi yang tepat, meliputi (1) pemilihan bahan ajar yang cocok, (2) pemberian motivasi pada siswa dan (3) cara penyampaian materi menarik. Bahan ajar yang diberikan berupa tari Jawa gaya Semarangan yang karakternya dekat dengan budaya Cina. Motivasi yang diberikan yaitu tentang manfaat jika memiliki keterampilan menari Jawa. Penyampaian materi pembelajaran praktek tari Jawa dibuat menarik dengan teknik bervariasi sehingga tidak membosankan bagi peserta didik. Faktor yang menghambat pembelajaran adalah (1) peserta didik kurang mengenal dan kurang tertarik pada tari Jawa, (2) orang tua peserta didik kurang memberi motivasi. Faktor yang mendukung adalah rata-rata peserta didik cerdas dan sarana pra sarana pembelajaran memadai. Saran yang peneliti sampaikan adalah (1) Kepada guru seni tari SMP Karangturi juga diharapkan mencoba mengajarkan tari Jawa klasik, (2) Kepada orang tua peserta didik SMP Karangturi yang beretnis Tionghoa diharapkan ikut memberi motivasi kepada anaknya agar beminat belajar tari Jawa serta memberi bantuan moral maupun finansial untuk keperluan pentas tari hasil pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Eksistensi, Pembelajaran Tari Jawa
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2011 02:16
Last Modified: 27 Sep 2011 02:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4684

Actions (login required)

View Item View Item