PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN EDUCATION GAME MATERI KERAGAMAN BUDAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GRANTUNG KABUPATEN PURWOREJO


Nony Cahya Fitriani, 1401416331 (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN EDUCATION GAME MATERI KERAGAMAN BUDAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GRANTUNG KABUPATEN PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416331 - Nony Cahya Fitriani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran muatan IPS disekolah dasar merupakan bagian dari kurikulum sekolah yang bertujuan untuk membantu mendewasakan siswa supaya dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai dalam rangka berpartisipasi di masyarakat. Berdasarkan data wawancara dengan guru dan siswa terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS yaitu kurangnya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, mengetahui kelayakan media, dan mengetahui keefektifan multimedia interaktif berbantuan education game materi keragaman budaya terhadap hasil belajar muatan pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri Grantung Kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendeketan kuantitatif dengan jenis penelitian Research and Development (R&D). Prosedur penelitian menggunakan model yang diadaptasi dari sepuluh langkah model pengembangan menurut Sugiyono, dengan langkah-langkah yaitu 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk; 7) revisi produk; 8) uji coba pemakaian; 9) revisi produk. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri Grantung Kabupaten Purworejo berjumlah 31 siswa dilaksanakan pada bulan Maret 2020. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu multimedia interaktif berbantuan education game dan variable terikatnya hasil belajar siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, data dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data, meliputi analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan uji n-gain dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase yang didapat dari ahli materi sebesar 94.7% dengan kategori layak. Persentase yang dicapai oleh ahli media 90.5%dengan kategori sangat layak. Uji t diperoleh

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Multimedia Interaktif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:54
Last Modified: 28 Sep 2021 04:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46839

Actions (login required)

View Item View Item