PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF RAKATAR (GERAK KESEHARIAN DALAM TARI) UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK SISWA KELAS II SDN WONOBODRO 01 BATANG


Gea Anindya Hanif, 1401416075 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF RAKATAR (GERAK KESEHARIAN DALAM TARI) UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK SISWA KELAS II SDN WONOBODRO 01 BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF RAKATAR (GERAK KESEHARIAN DALAM TARI) UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK SISWA KELAS II SDN WONOBODRO 01 BATANG] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF RAKATAR (GERAK KESEHARIAN DALAM TARI) UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK SISWA KELAS II SDN WONOBODRO 01 BATANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pra-penelitian di kelas II SDN Wonobodro 01 melalui wawancara, observasi, dan data dokumentasi ditemukan bahwa penyebab rendahnya kecerdasan kinestetik siswa yang ditunjukkan dengan hasil belajar ranah psikomotorik muatan SBdP yaitu tidak adanya media pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran seni tari. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media permainan edukatif Rakatar (gerak keseharian dalam tari) untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa kelas II SDN Wonobodro 01 Batang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan menurut Sugiyono. Prosedur penelitian ini yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk skala kecil, revisi produk, uji coba pemakaian, dan produk akhir. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, penilaian unjuk kerja, dan data dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, uji prasyarat, t-test, dan n-gain test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan edukatif Rakatar layak digunakan dengan skor penilaian komponen kelayakan isi materi 92,5% dengan kriteria sangat layak, penilaian komponen kelayakan media 100% dengan kriteria sangat layak, dan penilaian komponen kelayakan bahasa 91,67% dengan kriteria sangat layak. Dalam uji hipotesis menggunakan paired samples t-test hasil kecerdasan kinestetik menunjukkan bahwa thitung (11,40) ≥ ttabel (2,0596), maka disimpulkan bahwa ada perbedaan kecerdasan kinestetik siswa sebelum dan sesudah menggunakan media permainan edukatif Rakatar. Skor n-gain yang diperoleh adalah 0,53 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media permainan edukatif Rakatar (gerak keseharian dalam tari) layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa muatan SBdP kelas II SDN Wonobodro 01 Batang. Saran penelitian selanjutnya, media permainan edukatif Rakatar dapat dikembangkan dan diimplementasikan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik pada materi lain dalam pembelajaran seni tari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; permainan edukatif; Rakatar; kecerdasan kinestetik; pendidikan seni tari
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:47
Last Modified: 28 Sep 2021 04:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46837

Actions (login required)

View Item View Item