PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERBASIS ADOBE SCRIPT 3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN KELAS IV SDN PAYANG 02 PATI


Nizarifqi Hendrita Fikasari, 1401416330 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERBASIS ADOBE SCRIPT 3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN KELAS IV SDN PAYANG 02 PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416330.pdf - rinda karya.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil prapenelitian yang dilakukan oleh peneliti di SDN Payang 02 Pati diperoleh bahwa guru masih jarang menggunakan media pembelajaran di kelas yaitu hanya menggunakan media buku cetak seperti buku guru dan buku siswa dan belum adanya pengembangan media yang dilakukan oleh guru. Selain itu siswa kesulitan dalam memahami dan menghafal materi PPKn terutama keragaman budaya Indonesia sehingga mengakibatkan hasil belajar yang masih di bawah KKM serta belum optimalnya metode diskusi yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media ular tangga interaktif berbasis aplikasi game. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan Sugiyono. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran Ular Tangga Berbasis Adobe Script 3. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar muatan PPKn materi keragaman budaya di Indonesia. Subyek dalam penelitian ini yaitu kelas IV SDN Payang 02 Pati. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari�Maret 2020. Teknik dan instrumen pengumpulan data yaitu tes dan nontes. Instrumen tes meliputi soal uji coba, soal pretest dan soal posttest. Sedangkan nontes meliputi wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi, meliputi analisis data awal dengan uji normalitas dan uji homogenitas, serta analisis data akhir dengan uji t satu pihak, dan uji n-gain. Media ular tangga interaktif berbasis aplikasi game muatan PPKn materi keragaman rumah dan pakaian adat dinyatakan layak oleh ahli materi dengan persentase 92%, dan memperoleh persentase 92% dengan kategori sangat layak oleh ahli media. Hasil peningkatan rata-rata (gain) data pretest dan posttest pada uji coba pemakaian kelompok besar sebesar 0,629 dengan kriteria sedang. Simpulan hasil penelitian adalah media ular tangga berbasis adobe script 3 efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Saran penelitian ini yaitu media yang telah peneliti kembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat diterapkan pada muatan pembelajaran yang lain disesuaikan materi yang akan diajarkan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar PPKn, media pembelajaran, media ular tangga berbasis adobe script 3
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:47
Last Modified: 28 Sep 2021 04:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46834

Actions (login required)

View Item View Item