PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MATERI MEMBACA PEMAHAMAN UNTUK MENENTUKAN GAGASAN POKOK SISWA KELAS IV SDN WEDORO


Endah Titik Harjanti, 1401416418 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MATERI MEMBACA PEMAHAMAN UNTUK MENENTUKAN GAGASAN POKOK SISWA KELAS IV SDN WEDORO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MATERI MEMBACA PEMAHAMAN UNTUK MENENTUKAN GAGASAN POKOK SISWA KELAS IV SDN WEDORO] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MATERI MEMBACA PEMAHAMAN UNTUK MENENTUKAN GAGASAN POKOK SISWA KELAS IV SDN WEDORO) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Berdasarkan data yang diperoleh melalui angket, wawancara dan dokumentasi pada siswa kelas IV SDN Wedoro, terdapat permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terkait belum adanya media pembelajaran Bahasa Indonesia yang menarik agar siswa tertarik membaca sehingga keterampilan membaca siswa dapat meningkat. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan media komik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengembangan media, mengkaji kelayakan media, dan menguji keefektifan media. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono. Model ini dipilih karena dalam penelitian pengembangan bersifat menganalisis kebutuhan dan menguji keefefktifan produk. Dalam model pengembangan Sugiyono terdapat 10 langkah. Adapun 10 langkah model pengembangan Sugiyono tersebut yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk, dan 10) produksi masal. Akan tetapi dalam penelitian ini peneliti membatasi hanya sampai pada langkah kedelapan dari 10 langkah model pengembangan Sugiyono. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Wedoro. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, uji t, dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti berhasil mengembangkan media komik melalui 8 tahap. Komik layak digunakan dengan presentase penilaian kelayakan media sebesar 98,52% dan kelayakan materi sebesar 90%. Uji t diperoleh t hitung 11,59 dan lebih dari t tabel yaitu 1,69 sehingga Ha diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar membaca pemahaman untuk menentukan gagasan pokok dengan menggunakan media komik. Peningkatan rata-rata (N-Gain) diperoleh sebesar 0,54 dengan kategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah media komik dikembangkan melalui delapan tahap dari 10 langkah model pengembangan Sugiyono. Komik dikembangkan dengan Adobe Photoshop berbentuk buku dengan ukuran A5. Tipe font Comic Sans MS dengan ketebalan kurang dari 50 halaman. Komik yang dikembangkan layak dan efektif digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca pemahaman untuk menentukan gagasan pokok. Media Komik, membaca pemahaman, menentukan gagasan pokok.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:58
Last Modified: 27 Sep 2021 07:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46827

Actions (login required)

View Item View Item