HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS R.A KARTINI KECAMATAN DUKUHSETI KABUPATEN PATI


Dyah Pramesti Gita Iswari, 1401416319 (2020) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS R.A KARTINI KECAMATAN DUKUHSETI KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS R.A KARTINI KECAMATAN DUKUHSETI KABUPATEN PATI] PDF (HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS R.A KARTINI KECAMATAN DUKUHSETI KABUPATEN PATI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berkomunikasi menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V di SDN Gugus R.A Kartini diketahui bahwa hasil belajar IPS siswa masih rendah, kemampuan berpikir siswa belum maksimal, siswa kurang menguasai dan kurang fokus saat pembelajaran, guru jarang menggunakan media pembelajaran, masih ada siswa yang belum berani berkomunikasi langsung dengan guru, serta ketertiban siswa di dalam kelas masih kurang. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN Gugus R.A Kartini, (2) menguji hubungan antara kemampuan berkomunikasi dengan hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN Gugus R.A Kartini, (3) menguji hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berkomunikasi dengan hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN Gugus R.A Kartini. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus R.A Kartini Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati yang berjumlah 151 siswa, sedangkan sampelnya ada 121 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non-probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas, dilanjutkan dengan analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus R.A Kartini, rhitung 0,549 serta berkontribusi sebesar 30,2%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berkomunikasi dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus R.A Kartini, rhitung 0,576 serta berkontribusi sebesar 33,2%; (3) terdapat hubungan yang positif antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berkomunikasi dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus R.A Kartini, rhitung 0,657 serta berkontribusi sebesar 43,2%. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berkomunikasi dengan hasil belajar IPS kelas V SDN Gugus R.A Kartini Dukuhseti Pati. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya membantu siswa meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berkomunikasi agar hasil belajar siswa lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, kemampuan berpikir kritis, kemampuan berkomunikasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:55
Last Modified: 27 Sep 2021 07:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46826

Actions (login required)

View Item View Item