PARENTING STRESS PADA IBU BEKERJA (STUDI DESKRIPTIF PADA IBU YANG BEKERJA DI BANK)


Adzka Afifah Thohiroh, 1511414158 (2020) PARENTING STRESS PADA IBU BEKERJA (STUDI DESKRIPTIF PADA IBU YANG BEKERJA DI BANK). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PARENTING STRESS PADA IBU BEKERJA (STUDI DESKRIPTIF PADA IBU YANG BEKERJA DI BANK)] PDF (PARENTING STRESS PADA IBU BEKERJA (STUDI DESKRIPTIF PADA IBU YANG BEKERJA DI BANK)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perempuan kini tidak hanya diidentikkan dengan pekerjaan rumah tangga, namun juga pada dunia pekerjaan. Peran ganda seorang wanita yakni sebagai ibu rumah tangga dan pekerja mengakibatkan tuntutan lebih dari biasanya. Berbagai tuntutan yang hadir di tempat kerja juga dalam waktu yang bersamaan harus menjalankan kewajiban dasar sebagai seorang ibu dapat mengakibatkan ketidakmampuan individu mengelola keadaan diri, sehingga mengakibatkan stress yang dapat berakibat pada pengasuhan terhadap anak atau disebut parenting stress. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran tingkat parenting stress pada ibu yang bekerja di Bank Kalbar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah wanita yang bekerja di Bank Kalbar. Teknik sampling yang digunakan adalah kuota sampling. Subyek penelitian ini berjumlah 100 orang. Metode pengumpulan data menggunakan skala parenting stress yang terdiri dari 44 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,907. Hasil penelitian ini adalah 1) Gambaran secara umum parenting stress pada ibu yang bekerja di Bank Kalbar termasuk dalam kategori rendah. 2) Gambaran secara spesifik berdasarkan ketiga aspek parenting stress yaitu The Parent Distress berada pada kategori rendah, The Difficult Child pada kategori sangat rendah dan The Parent Child Dysfunctional Interaction pada kategori sangat rendah. Aspek dominan pada penelitian ini adalah aspek The Parent Distress. Disimpulkan bahwa ibu yang bekerja di Bank Kalbar menunjukkan parenting stress namun pada kategori rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Parenting Stress, Ibu Bekerja
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:46
Last Modified: 27 Sep 2021 07:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46824

Actions (login required)

View Item View Item