Mengoptimalkan Proses Belajar Mata Diklat Ekonomi Pokok Bahasan Faktor – Faktor Produksi Melalui Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning) Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Semarang”Tahun Pelajaran 2006/2007.


Arinal Akhiroh, 2006 (2006) Mengoptimalkan Proses Belajar Mata Diklat Ekonomi Pokok Bahasan Faktor – Faktor Produksi Melalui Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning) Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Semarang”Tahun Pelajaran 2006/2007. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Mengoptimalkan Proses Belajar Mata Diklat Ekonomi Pokok Bahasan Faktor – Faktor Produksi Melalui Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning) Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Semarang”Tahun Pelajaran 2006/2007.]
Preview
PDF (Mengoptimalkan Proses Belajar Mata Diklat Ekonomi Pokok Bahasan Faktor – Faktor Produksi Melalui Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning) Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Semarang”Tahun Pelajaran 2006/2007.) - Published Version
Download (15kB) | Preview

Abstract

Akhiroh, Arinal. 2006. Mengoptimalkan Proses Belajar Mata Diklat Ekonomi Pokok Bahasan Faktor – Faktor Produksi Melalui Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning) Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Semarang”Tahun Pelajaran 2006/2007. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Dosen Pembimbing I : Drs. FX. Sukardi. Dosen Pembimbing II : Dr. Kardoyo, M.Pd. 92 Halaman. Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Proses pembelajaran ekonomi pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Semarang belum optimal dan hasil belajar ekonomi belum mencapai ketuntasan belajar. Berdasar observasi awal menunjukkan bahwa dalam nilai mata diklat ekonomi hanya mencapai rata – rata kelas sebesar 65,51 dengan ketuntasan belajar 58,97%. Hal ini disebabkan karena selama ini proses belajar hanya didominasi oleh guru dan pendekatan yang digunakan guru kurang tepat sehingga siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran. Pemilihan pembelajaran kontekstual sebagai upaya untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. Permasalahan penelitian adalah “Apakah pelaksanaan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching Learning) pada mata diklat ekonomi pokok bahasan faktor – faktor produksi siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Semarang dapat mengoptimalkan proses dan hasil belajar siswa? Tujuan penelitian untuk mengetahui “Apakah pelaksanaan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching Learning) pada mata diklat ekonomi pokok bahasan faktor – faktor produksi siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Semarang dapat mengoptimalkan proses dan hasil belajar siswa? Adapun Manfaat penelitian ini adalah dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu pengetahuan. Selain itu, penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi guru, siswa dan sekolah. Penelitian ini terdiri dua siklus, terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu faktor – faktor produksi pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Semarang. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda dan pedoman observasi. Analisis data dengan metode deskriptif dengan membandingkan hasil belajar sebelum tindakan dan setelah tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata – rata klasikal di akhir siklus II sebesar 79,89 dengan ketuntasan belajar sebesar 89,74%. Hasil penilaian keaktifan siswa akhir siklus II adalah 29 siswa amat baik, 9 baik, 1 kurang baik. Simpulan penelitian adalah pembelajaran kontekstual dapat mengoptimalkan proses belajar mengajar. Saran : 1) guru mata diklat ekonomi dapat menggunakan pembelajaran kontekstual sebagai alternatif pembelajaran pada pokok bahasan faktor-faktor produksi; 2) Siswa hendaknya meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran, baik bertanya, mengemukakan pendapat maupun dalam diskusi ; 3) Perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual, sebagai upaya meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Sep 2011 02:12
Last Modified: 27 Sep 2011 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4682

Actions (login required)

View Item View Item