PENERAPAN PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS X IPS MA AL – ASROR


Mia Rahmania, 3101416082 (2021) PENERAPAN PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS X IPS MA AL – ASROR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS X IPS MA AL – ASROR] PDF (PENERAPAN PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS X IPS MA AL – ASROR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Rahmania, Mia. 2021. “Penerapan Penilaian dalam Pembelajaran Sejarah pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas X IPS MA Al – Asror”. Skripsi Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing : Dra. Carolina Santi Muji Utami, M. Hum. Kata Kunci : Penerapan, Penilaian, Pembelajaran Sejarah Penilaian yang digunakan dalam kurikulum 2013 terdiri dari tiga aspek, yaitu aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Penelitian ini menekankan pada penerapan penilaian yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pemahaman guru sejarah mengenai penilaian dalam pembelajaran sejarah, (2) Penerapan penilaian dalam pembelajaran sejarah pada masa pandemi Covid-19, dan (3) Hambatan yang dialami dalam menerapkan penilaian dalam pembelajaran sejarah pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini berfokus pada penerapan penilaian dalam pembelajaran sejarah pada masa pandemi Covid-19 di kelas X IPS MA Al – Asror. Sumber data dari penelitian ini berasal dari wawancara guru, dan peserta didik, serta menggunakan dokumen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan (1) Guru sejarah memiliki pemahaman yang baik mengenai penilaian dalam pembelajaran sejarah, (2) Pembelajaran di MA Al – Asror masa pandemi Covid-19 menggunakan ELearning MA Al – Asror. Penerapan penilaian dalam pembelajaran sejarah pada masa pandemi Covid-19 di kelas X IPS MA Al – Asror terdiri dari tiga aspek yaitu aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Aspek sikap dapat dilihat dari keaktifan peserta didik dalam mengerjakan tugas dan mengakses elearning, sedangkan untuk penilaian pengetahuan penerapannya menggunakan soal – soal untuk menilai tingkat penguasaan materi dan wawasan pengetahuan peserta didik, sedangkan penilaian aspek keterampilan menggunakan portofolio tetapi tidak diterapkan, (3) Hambatan yang dialami pada penerapan penilaian aspek keterampilan dalam pembelajaran sejarah berasal dari guru, peserta didik, sarana, dan prasarana. Saran yang diajukan pada penelitian ini sebaiknya guru lebih meningkatkan pemahaman mengenai penilaian autentik dan meningkatkan kemampuan dalam bidang teknologi. Sebaiknya peserta didik dapat mengatur waktu dalam pembelajaran online. Kemudian untuk sekolah sebaiknya MA Al – Asror lebih meningkatkan sarana dan prasarana dalam pembelajaran online.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Penilaian, Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:57
Last Modified: 27 Sep 2021 06:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46818

Actions (login required)

View Item View Item