PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN TARUB KABUPATEN TEGAL


Yunita Anggun Meilya, 1401416133 (2020) PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN TARUB KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN TARUB KABUPATEN TEGAL] PDF (PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN TARUB KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan tidak terlepas dari proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan siswa. Belajar merupakan kegiatan yang ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku positif. Perubahan tingkah laku positif disebut dengan hasil belajar. Hasil belajar dipengaruhi beberapa faktor diantaranya kemampuan membaca pemahaman dan motivasi orang tua. Berdasarkan hasil wawancara awal, hasil belajar yang diperoleh siswa kelas IV SD se-Gugus Sultan Agung Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal tergolong rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk manganalisis dan mendeskripsi pengaruh kemampuan membaca pemahaman dan motivasi orang tua terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD se-Gugus Sultan Agung Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Metode penelitian ini adalah ex post facto. Teknik pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling. Populasi penelitian sebanyak 295 siswa kelas IV SD se-Gugus Sultan Agung Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Sampel penelitian sebanyak 171 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, tes, angket, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi ganda, analisis koefisien determinasi, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD se-Gugus Sultan Agung Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal (ρ1≠0) dengan pengaruh sebesar 45,3%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi orang tua terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD se-Gugus Sultan Agung Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal (ρ2≠0) dengan pengaruh sebesar 32,5%; (3) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan membaca pemahaman dan motivasi orang tua terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD se-Gugus Sultan Agung Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal (ρ3≠0) dengan pengaruh sebesar 53,1%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca pemahaman dan motivasi orang tua berpengaruh secara signifikan teradap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD se-Gugus Sultan Agung Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Disarankan pada pihak sekolah dan guru hendaknya dapat memberi bimbingan dan arahan untuk dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan melatih menyimpulkan bacaan, serta meningkatkan kerjasama dengan orang tua siswa karena dapat berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Membaca Pemahaman, Motivasi Orang Tua.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:40
Last Modified: 27 Sep 2021 06:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46814

Actions (login required)

View Item View Item