PENERAPAN METODE FIELD TRIP DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 2 TEMANGGUNG


Arum Sekar Fatekhah, 3101416073 (2020) PENERAPAN METODE FIELD TRIP DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 2 TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of PENERAPAN METODE FIELD TRIP DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 2 TEMANGGUNG] PDF (PENERAPAN METODE FIELD TRIP DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 2 TEMANGGUNG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Fatekhah, Arum Sekar. 2020. Penerapan Metode Field trip dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah di SMA Negeri 2 Temanggung. Skripsi. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. Suwito Eko Pramono, M.Pd. Kata Kunci: Metode Field trip, Motivasi Belajar, Pembelajaran Sejarah Penelitian ini dilatar belakangi oleh penguasaan guru dalam memberikan materi yang bersumber hanya pada buku teks dengan menggunakan metode ceramah dan cenderung bersifat hafalan. Sebagian dari mereka mengalami kejenuhan dalam proses pembelajaran di kelas. Peserta didik lebih memilih diam dan mendengarkan pada saat pembelajaran berlangsung, sehingga proses pembelajaran terkesan membosankan. Hal seperti inilah yang menyebabkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah ini rendah, sehingga dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang dapat mengajak peserta didik menikmati pembelajaran serta menumbuhkan motivasi belajar tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survei deskriptif yaitu peneliti melakukan pengumpulan data dengan mengedarkan kuesioner dimana peneliti tidak memberikan perlakuan seperti pada eksperimen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Penerapan metode field trip dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada tahun ajaran 2019-2020 siswa kelas XI SMA N 2 Temanggung (2) untuk mengetahui pengaruh metode field trip terhadap motivasi belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan microsoft excel dan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode field trip di SMA Negeri 2 Temanggung memperoleh nilai indeks variabel sebesar 82,00% yang di kategorikan tinggi dalam kategori Three Box Method. (2)Melalui analisis regresi dapat di ketahui bahwa pengaruh penerapan field trip terhadap motivasi belajar sejarah sebesar 39,8% sedangkan sisanya 60,2% berasal dari pengaruh faktor lain yang tidak di teliti, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dalam penerapan field trip terhadap motivasi belajar sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Field trip, Motivasi Belajar, Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:39
Last Modified: 27 Sep 2021 06:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46812

Actions (login required)

View Item View Item