PERSEPSI GURU SEJARAH TERHADAP BUKU TEKS SEJARAH SMA DI KABUPATEN BLORA


Ahmad Rosidi, 3101416060 (2020) PERSEPSI GURU SEJARAH TERHADAP BUKU TEKS SEJARAH SMA DI KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of PERSEPSI GURU SEJARAH TERHADAP BUKU TEKS SEJARAH SMA DI KABUPATEN BLORA] PDF (PERSEPSI GURU SEJARAH TERHADAP BUKU TEKS SEJARAH SMA DI KABUPATEN BLORA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Rosidi, Ahmad. 2020. Persepsi Guru Sejarah Terhadap Buku Teks Sejarah SMA Di Kabupaten Blora. Skripsi. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Atno, S.Pd., M.Pd. 237 halaman. Kata Kunci: Persepsi, Guru Sejarah, Buku Teks Sejarah. Buku teks memiliki peran yang penting dalam pembelajaran sejarah karena merupakan turunan terkecil dari kurikulum. Namun pada kenyataannya buku teks belum digunakan secara optimal dikarenakan guru beranggapan bahwa pembelajaran harus dapat menyesuaikan perkembangan zaman, sehingga guru tidak hanya bergantung pada buku teks saja. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui persepsi guru sejarah terhadap buku teks sejarah SMA di Kabupaten Blora, (2) Untuk mengetahui persepsi guru sejarah dalam implementasi pembelajaran sejarah menggunakan buku teks sejarah SMA di Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di 4 SMA di Kabupaten Blora, yaitu SMA Negeri 2 Cepu, SMA Negeri 1 Randublatung, SMA Negeri 2 Blora, dan SMA Negeri 1 Ngawen. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah dan siswa di masing-masing sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara mendalam, observasi langsung, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan teori. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi guru sejarah terhadap buku teks sejarah SMA di Kabupaten Blora beragam, karena proses dialektika yang dihadapi guru sejarah melalui pengalaman yang berbeda dan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Guru sejarah dalam mengimplementasikan pembelajaran sejarah telah menggunakan buku teks sejarah dalam proses pembelajaran, yaitu dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Kendala yang dihadapi guru adalah tidak ada pelatihan dalam menggunakan buku teks dan tidak ada keseragaman buku teks yang digunakan untuk mengajar pelajaran sejarah peminatan, namun guru mempunyai upaya tersendiri untuk mengatasi kendala tersebut. Dari hasil penelitian, saran yang ingin peneliti berikan untuk guru, hendaknya lebih menyeleksi sumber belajar yang digunakan oleh siswa dan tetap menggunakan buku teks sejarah menjadi fokus utama dalam pembelajaran. Untuk sekolah, hendaknya lebih selektif dalam memilih jenis buku teks sejarah peminatan sebagai acuan dalam proses pembelajaran. Untuk MGMP sejarah, hendaknya memberikan pelatihan kepada guru dalam penggunaan buku teks dan menyeragamkan buku teks sejarah peminatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Guru Sejarah, Buku Teks Sejarah.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > perceptions of teachers
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:28
Last Modified: 27 Sep 2021 06:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46809

Actions (login required)

View Item View Item