IMPLEMENTASI PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTORIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 2 WONOSOBO


Rini Latifatuz Zahrah, 3101416057 (2020) IMPLEMENTASI PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTORIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 2 WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTORIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 2 WONOSOBO] PDF (IMPLEMENTASI PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTORIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 2 WONOSOBO) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Zahrah, Rini Latifatuz. 2020. Implementasi Penilaian Aspek Psikomotorik pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Wonosobo. Skripsi. Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Andy Suryadi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Penilaian, Aspek Psikomotorik, Pembelajaran Sejarah Terdapat tiga komponen utama dalam pembelajaran yang tidak dapat terpisahkan satu sama lain yaitu kurikulum, proses pembelajaran, dan penilaian. Sesuai dengan kurikulum 2013 mengenai pentingnya penilaian oleh guru terhadap kemampuan siswa dalam pencapaian belajarnya, dalam proses pembelajaran diperlukan pula adanya penilaian aspek psikomotorik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Implementasi penilaian aspek psikomotorik pada pembelajaran sejarah kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Wonosobo, (2) Respon siswa dalam menerima implementasi penilaian aspek psikomotorik pada pembelajaran sejarah, dan (3) Kendala yang dihadapi dalam implementasi penilaian aspek psikomotorik pada pembelajaran sejarah kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Wonosobo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang datanya disajikan secara naratif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru sejarah dan siswa kelas XI MIPA. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif secara interaktif yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Implementasi penilaian aspek psikomotorik yang dilakukan oleh guru sejarah telah sesuai dengan tahapan-tahapan kegiatan penilaian baik dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Guru sejarah telah menyusun instrumen penilaian yang mencakup indikator penilaian di dalamnya, sedangkan model penilaian psikomotorik dilaksanakan secara bervariasi untuk meningkatkan ketertarikan siswa, (2) Respon siswa hampir semuanya positif, akan tetapi ada juga beberapa siswa yang merespon negatif. Dengan implementasi penilaian aspek psikomotorik siswa menjadi lebih tertarik dengan pembelajaran sejarah, dan (3) Kendala yang dihadapi guru yaitu sulit untuk mengarahkan kemampuan siswa yang berbeda-beda, sedangkan kendala yang dialami siswa terkait menghafal materi pelajaran sehingga mempengaruhi siswa saat presentasi di dalam kelas. Saran yang diberikan yaitu hendaknya dalam pelaksanaan penilaian aspek psikomotorik guru mempersiapkan instrumen penilaian yang menjadi bagian dari RPP sesuai dengan kegiatan penilaian yang akan dilaksanakan, selain itu kegiatan penilaian aspek psikomotorik yang dilakukan oleh guru sejarah disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penilaian, Aspek Psikomotorik, Pembelajaran Sejarah
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:13
Last Modified: 27 Sep 2021 06:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46807

Actions (login required)

View Item View Item