PEMANFAATANTEKNOLOGIPEMBELAJARANDALAM PEMBELAJARANSEJARAHDISMAMARDISISWASEMARANG


Hanung Cahya Kridoningtyas, 3101416054 (2020) PEMANFAATANTEKNOLOGIPEMBELAJARANDALAM PEMBELAJARANSEJARAHDISMAMARDISISWASEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of PEMANFAATANTEKNOLOGIPEMBELAJARANDALAM PEMBELAJARANSEJARAHDISMAMARDISISWASEMARANG] PDF (PEMANFAATANTEKNOLOGIPEMBELAJARANDALAM PEMBELAJARANSEJARAHDISMAMARDISISWASEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kridoningtyas, Hanung Cahya. 2020. Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Mardisiswa Semarang. Skripsi. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Andy Suryadi,S.Pd.,M.Pd. KataKunci:TeknologiPembelajarandanPembelajaranSejarah. Pemanfaatan teknologi pembelajaran merupakan hal yang sangat penting diterapkan oleh guru. Penerapan teknologi di zaman millenial seperti sekarang membantu berjalannya pembelajaran jadi lebih mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pemahaman guru sejarah terhadap pemanfaatan teknologi pembelajaran (2) Untuk mengetahui pemanfaatan teknologi pembelajaran dalam pembelajaran sejarah (3) Untuk mengetahui apa saja kendala yangdihadapigurusejarahdalampemanfaatanteknologipembelajaran. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitian adalah SMA Mardisiswa Semarang. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah informan yaitu guru sejarah, kepala sekolah, dan siswa-siswa SMA Mardisiswa Semarang. Dokumen yang digunakan adalah RPP dan silabus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan studi dokumen. Sedangkan teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah trianggulasi sumber dantrianggulasimetode. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Guru sejarah memahami bahwa pemanfaatan teknologi pembelajaran merupakan hal yang penting diterapkan di zaman millenial seperti sekarang 2) Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sejarah pada masa Covid-19/pembelajaran online, digunakan Google, Wikipedia, Power Point (PPT), Google Classroom, Jitsi Meet, video pendek, story di Whatsapp (WA), Email, dan Google Form 3) Kendala yang dihadapi guru sejarah dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran ini adalah waktu mengajar sebanyak 32 jam dan dibarengi amanah sebagai waka kesiswaan, waktu pembelajaran yang terbuang, koneksi internet (wifi) tidak selalu lancar & kuota siswa yang kurang, sertagurusejarahtidakbisamemantaukejujuransaatpembelajaranonline. Saran yang diberikan yaitu hendaknya guru bisa membagi waktu dengan baik antara mengajar dan tugas sebagai waka kesiswaan, agar siswa tetap bisa belajarsejarahmenggunakanteknologidenganmaksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: TeknologiPembelajarandanPembelajaranSejarah.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 27 Sep 2021 05:49
Last Modified: 27 Sep 2021 05:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46804

Actions (login required)

View Item View Item