PERSEPSI SISWA TERHADAP TOKOH KH. AHMAD DAHLAN DAN KH HASYIM ASY'ARI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA NU 04 AL MA’ARIF DAN SMA MUHAMMADYAH 02 BOJA KABUPATEN KENDAL


PUTRI INTAN LARASATI, 3101416049 (2020) PERSEPSI SISWA TERHADAP TOKOH KH. AHMAD DAHLAN DAN KH HASYIM ASY'ARI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA NU 04 AL MA’ARIF DAN SMA MUHAMMADYAH 02 BOJA KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of PERSEPSI SISWA TERHADAP TOKOH KH. AHMAD DAHLAN DAN KH  HASYIM ASY'ARI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA  NU 04 AL MA’ARIF DAN SMA MUHAMMADYAH 02 BOJA  KABUPATEN KENDAL] PDF (PERSEPSI SISWA TERHADAP TOKOH KH. AHMAD DAHLAN DAN KH HASYIM ASY'ARI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA NU 04 AL MA’ARIF DAN SMA MUHAMMADYAH 02 BOJA KABUPATEN KENDAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Larasati, Putri Intan. 2020. “Persepsi Siswa Terhadap Tokoh K.H Ahmad Dahlan Dan K.H Hasyim Asy’ari Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMA NU 04 Al Ma’arif Dan SMA Muhammadyah 02 Boja di Kabupaten Kendal”. Skripsi. Jurusan Sejarah,. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Syaiful Amin. S.Pd,. M.Pd., Kata Kunci: Pemahaman siswa, KH. Ahmad Dahlan, KH. Hasyim Asyari, Persepsi, Pembentukan karater siswa Pembelajaran sejarah terhadap tokoh KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asyari dan organisasi yang didirikannya memiliki nilai-nilai sejarah yang penting dan peranan dalam pembentukan karakter siswa disekolah. Khususnya bagi siswa yang bersekolah di yayasan Muhammadiyah dan NU. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengtahui pemahaman siswa SMA Muhammadiyah 02 terhadap tokoh KH Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asyari; 2) mengetahui pemahaman siswa SMA NU 04 Al Maarif terhadap tokoh KH Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy’ari; dan 3) mengetahui dampak karakter siswa SMA Muhammadiyah 02 dan SMA NU 04 Al Maarif setelah memaham ketokohan KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy’ari. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif dengan pendekatan naratif dan fenomenologi. Hasil penelitian didapat dari informan, peristiwa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan kajian dokumen. Kemudian teknik keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah 1) pemahaman siswa SMA Muhammadiyah 02 lebih kuat pada tokoh KH Ahmad Dahlan daripada KH Hasyim Asy’ari hal tersebut karena latar belakang sekolah, pemahamannya seperti biografi dan nilai karakter; 2) pemahaman siswa SMA NU 04 Boja lebih kuat pada tokoh KH Hasyim Asy’ari daripada KH Ahmad Dahlan; dan 3) dampak karakater siswa setelah mengetahui nilai karakter KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy’ari adalah baik dengan melalui tiga tahap yakni moral knowing, moral feeling dan moral action, hal tersebut dilakukan melalui program sekolah dan proses pembelajaran di kelas khususnya pada pelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman siswa, KH. Ahmad Dahlan, KH. Hasyim Asyari, Persepsi, Pembentukan karater siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Student Behavior
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 27 Sep 2021 05:35
Last Modified: 27 Sep 2021 05:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46802

Actions (login required)

View Item View Item