PENGARUH SENAM LANSIA DAN AROMATERAPI LAVENDER TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA HIPERTENSI (Studi Kasus di Unit Pelayanan Sosial Lanjut Usia Wening Wardoyo Ungaran)


Muhammad Irfan Ubaidillah, 6211416036 (2020) PENGARUH SENAM LANSIA DAN AROMATERAPI LAVENDER TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA HIPERTENSI (Studi Kasus di Unit Pelayanan Sosial Lanjut Usia Wening Wardoyo Ungaran). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SENAM LANSIA DAN AROMATERAPI LAVENDER TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA HIPERTENSI (Studi Kasus di Unit Pelayanan Sosial Lanjut Usia Wening Wardoyo Ungaran)] PDF (PENGARUH SENAM LANSIA DAN AROMATERAPI LAVENDER TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA HIPERTENSI (Studi Kasus di Unit Pelayanan Sosial Lanjut Usia Wening Wardoyo Ungaran)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of Muhammad.Irfan.Ubaidillah_Naskah.Skripsi - Muhammad Irfan Ubaidillah.pdf] PDF
Download (8MB)

Abstract

Tekanan darah tinggi merupakan kondisi dimana tekanan darah meningkat melebihi normal. Kenaikan tekanan darah dapat meningkatkan risiko hipertensi yang sangat umum dihadapi oleh lansia. Untuk meminimalisir hal tersebut, perlu adanya aktivitas fisik dan relaksasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui perlakuan senam lansia dan aromaterapi lavender dibandingkan perlakuan aromaterapi lavender terhadap penurunan tekanan darah pada lansia hipertensi. Metode penelitian menggunakan eksperimen dengan treatment by subject design. Populasi berjumlah 90 lansia terdiri dari 34 laki-laki dan 56 perempuan. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria tertentu menghasilkan 15 sampel penelitian. Sampel dibagi 2 perlakuan, perlakuan 1 senam lansia dan aromaterapi lavender (n=15), perlakuan 2 aromaterapi lavender (n=15). Senam lansia dan aromaterapi lavender dalam penelitian ini diberikan selama 4 hari. Sampel diberi waktu istirahat selama 3 minggu untuk menghilangkan efek dari perlakuan sebelumnya. Selanjutnya sampel diberi perlakuan aromaterapi lavender selama 4 hari. Pengukuran tekanan darah menggunakan tensimeter digital, merk Omron Automatic Blood Pressure Monitor Hem-7130 dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data menggunakan Paired-samples t-test dan Independent-sample t-test. Hasil penelitian ini adalah rata-rata tekanan darah kelompok perlakuan senam lansia dan aromaterapi lavender pre test 158/93 mmHg, post test 135/82 mmHg, p=0,000. Rata-rata tekanan darah kelompok perlakuan aromaterapi lavender pre test 155/92 mmHg, post test 145/87 mmHg, p=0,000. Penurunan tekanan darah pada kelompok senam lansia dan aromaterapi lavender 23/12 mmHg, kelompok aromaterapi lavender 11/5 mmHg, p=0,018 pada tekanan darah sistolik dan p=0,000 pada tekanan darah diastolik. Simpulan penelitian ini adalah perlakuan senam lansia dan aromaterapi lavender maupun perlakuan aromaterapi lavender berpengaruh terhadap penurunan tekanan darah lansia hipertensi. Penurunan tekanan darah dengan perlakuan senam lansia dan aromaterapi lavender lebih besar dibandingkan perlakuan aromaterapi lavender. Saran yang diberikan bagi lansia di Wening Wardoyo, senam lansia dan aromaterapi lavender dapat menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan dan tekanan darah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Senam lansia, Aromaterapi Lavender, Tekanan Darah.
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:34
Last Modified: 27 Sep 2021 06:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46799

Actions (login required)

View Item View Item