PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS RAJAWALI KOTA PEKALONGAN


Yuda Saputra Tambunan, 1401416328 (2021) PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS RAJAWALI KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416328 - yuda saputra.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kurangnya perhatian dari orangtua terhadap anaknya sehingga anak kurang termotivasi dalam belajar yang mengakibatkan prestasi belajar rendah, khususnya pada mata pelajaran matematika. Prestasi belajar yang rendah tersebut dikarenakan tidak ada pendampingan siswa pada saat belajar di rumah, selain itu ketidakhadiran orangtua siswa pada saat evaluasi belajar menyebabkan orangtua tidak tahu permasalahan yang dimiliki oleh anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orangtua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD Se-Gugus Rajawali Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Se-Gugus Rajawali Kota Pekalongan, sebanyak 194 siswa. Sampel penelitian sebanyak 133 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis indeks, analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, uji t, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinan, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orangtua terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan thitung > ttabel (2,711 > 1,978) dan sumbangan pengaruh sebesar 18,9%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung > ttabel (6,614 > 1,978) dan sumbangan pengaruh sebesar 68%; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orangtua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan Fhitung > Ftabel (27,529 > 3,07) dan sumbangan pengaruh sebesar 29,8%; (4) terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orangtua dan motivasi belajar siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,761. Dapat disimpulkan bahwa perhatian orangtua dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka semua pihak baik guru maupun orangtua hendaknya memperhatikan dan membimbing siswa untuk memiliki motivasi belajar yang tinggi sehingga prestasi belajar yang diperoleh menjadi optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar matematika; motivasi belajar; perhatian orangtua.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:19
Last Modified: 27 Sep 2021 04:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46798

Actions (login required)

View Item View Item