PENGARUH MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI SEKBIN VIII KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES


Yuliani Risnawati, 1401416196 (2020) PENGARUH MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI SEKBIN VIII KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI SEKBIN VIII KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES] PDF (PENGARUH MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI SEKBIN VIII KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan membaca pemahaman memiliki peran penting dalam pembelajaran. Rendahnya kemampuan membaca menyebabkan siswa mengalami kesulitan memahami bacaan. Kemampuan membaca pemahaman erat kaitannya dengan minat baca dan motivasi belajar. Minat baca dan motivasi belajar rendah tidak dapat mendorong siswa membaca dengan seksama. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh minat baca dan motivasi belajar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Sekbin VIII Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Populasi penelitian sebanyak 317 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian sebanyak 177 siswa. Teknik pengumpulan data wawancara tidak terstruktur, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskrptif, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Analisis deskriptif untuk memberikan gambaran mengenai variabel penelitian. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi ganda, analisis determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Sekbin VIII Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes dengan pengaruh 21%; (2) terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Sekbin VIII Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes dengan pengaruh 22,9%; (3) terdapat pengaruh signifikan minat baca dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Sekbin VIII Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes dengan pengaruh 25,7%. Dapat disimpulkan bahwa minat baca dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Sekbin VIII Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes dengan pengaruh 25,7% sisanya 74,3% dipengaruhi faktor lain. Disarankan guru untuk melakukan pembiasaan membaca sebelum pembelajaran dimulai, dan memberikan reward atas keberhasilan siswa. Sekolah dapat menerapkan budaya membaca. Peneliti lanjutan disarankan untuk meneliti faktor lain yang memengaruhi kemampuan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Pemahaman, Minat Baca, Motivasi Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:36
Last Modified: 27 Sep 2021 06:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46796

Actions (login required)

View Item View Item