HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN GUGUS SENA KECAMATAN KEDU KABUPATEN TEMANGGUNG


Yogyana Rizky Ardita, 1401416313 (2020) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN GUGUS SENA KECAMATAN KEDU KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416313 - Yogyana Rizky Ardita.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan pada kelas IV SD Negeri Gugus Sena Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung menunjukan hasil belajar muatan pembelajaran IPS pada ranah kognitif masih rendah. Berdasarkan wawancara dengan guru, didapatkan data bahwa faktor yang mempengaruhi hasil belajar muatan pembelajaran IPS yaitu kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini ialah untuk menguji hubungan: (1) kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar; (2) kemandirian belajar dengan hasil belajar; (3) kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Sena. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi dengan jenis data kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 156 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik sampel jenuh didapatkan 111 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data dengan statistic deskriptif, analisis korelasi dan analisis regresi. Hasil analisis data didapatkan: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar IPS, kontribusi variabel kemampuan berpikir kritis termasuk dalam kategori cukup; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS, kontribusi variabel kemandirian belajar tersebut termasuk dalam kategori baik; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS, kontribusi variabel kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar dengan hasil belajar tersebut termasuk dalam kategori kuat. Simpulan penelitian ini menunjukan ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar IPS; ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS; ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS. Saran diharapkan guru dapat memberikan informasi kepada siswa bahwa kemapuan berpikir kritis dan kemandirian belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikit Kritis; Kemandirian Belajar; Hasil belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Social Behavior
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:04
Last Modified: 27 Sep 2021 04:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46795

Actions (login required)

View Item View Item