EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN METODE MIND MAPPING DARING MATA PELAJARAN SEJARAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 SUBAH
Iman Khoirudin, 3101416034 (2020) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN METODE MIND MAPPING DARING MATA PELAJARAN SEJARAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 SUBAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN METODE MIND MAPPING DARING MATA PELAJARAN SEJARAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 SUBAH)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Khoirudin, Iman. 2020. Efektivitas Pembelajaran Metode Mind Mipping Daring Mata Pelajaran Sejarah Pada Masa Pandemi COVID-19 Di SMA Negeri 1 Subah. Skripsi. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembingbing Dr. Dra. Hj. Ufi Saraswati, M.Hum. Kata Kunci: Efektivitas, Mind Mapping, Pembelajaran Daring Sejarah, Pandemi COVID-19 Pada masa pandemi COVID-19, pembelajaran sejarah dilakukan secara daring. Untuk itu guru perlu menggunakan metode yang dapat digunakan dengan pembelajaran daring, salah satunya dengan menggunakan metode Mind Mapping pada materi sejarah.. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana pembelajaran metode Mind Mapping daring sejarah di SMA Negeri 1 Subah pada masa pandemi COVID-19, 2) Bagaimana efektifitas pembelajaran metode Mind Mapping daring sejarah di SMA Negeri 1 Subah pada masa pandemi COVID-19 ?. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan teknik penelitian kualitatif. Selanjutnya, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi eksploratif yang merupakan salah satu jenis penelitian sosial yang bertujuan untuk memberikan sedikit definisi atau penjelasan mengenai konsep atau pola yang digunakan dalam penelitian. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Subah. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru sejarah SMA Negeri 1 Subah. Data penelitian dalam penelitian ini adalah dua guru sejarah serta tiga siswa kelas X MIPA 4 dan tiga siswa XII IPS 1. Sasaran penelitiannya adalah proses pembelajaran dan efektifitasdari metode Mind Mapping daring sejarah selama masa pandemi COVID-19. Teknik pengumpulan data menggunakan literasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang meliputi uji keabsahan data dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan: 1) Metode Mind Mapping membuat guru tidak perlu menggunakan berbagai macam media pembelajaran; 2) Metode Mind Mapping daring sejarah membuat siswa menjadi kreatif; 3) Metode Mind Mapping daring sejarah mampu menigkatkan antusiasme sebagian siswa dalam belajar sejarah; 4) Metode Mind Mapping daring sejarah belum mampu meningkatkan pemahaman siswa pada materi sejarah Saran yang diberikan guru perlu memanfaatkan fasilitas teknologi yang telah tersedia dengan optimal dan selalu mengevaluasi kegiatan pembelajaran daring sejarah agar pembelajaran sejarah tidak membosankan bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Mind Mapping, Pembelajaran Daring Sejarah, Pandemi COVID-19 |
Subjects: | D History General and Old World > Historical Studies L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > Distance Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 03:53 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 03:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46793 |
Actions (login required)
View Item |