PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PELATIHAN KOMPUTER DI LKP VISION COLLEGE SEMARANG


YOGA MIFTAHUL HABIB, 1201413041 (2020) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PELATIHAN KOMPUTER DI LKP VISION COLLEGE SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PELATIHAN KOMPUTER DI LKP VISION COLLEGE SEMARANG] PDF (PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PELATIHAN KOMPUTER DI LKP VISION COLLEGE SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan pembelajaran pelatihan komputer dan apa saja faktor hambatan yang dihadapi dalam pembelajaran pelatihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran pelatihan komputer dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan narasumber satu pengelola program, satu instruktur pelatihan, 4 peserta pelatihan dan satu informan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi : 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data dan 4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa pengelolaan pembelajaran yang mencakup : 1) perencanaan pembelajaran, dilakukan dengan menetapkan tujuan program, bahan ajar, tenaga instruktur, peserta pelatihan, sarana prasarana dan sumber belajar. 2) pelaksanaan pembelajaran, proses pembelajaran dilaksanakan instruktur berdasarkan berpedoman pada materi belajar, metode belajar, media belajar, prosedur pembelajaran, dan alokasi waktu. 3) evaluasi pembelajaran, dilaksanakan guna untuk mengetahui hasil pembelajaran yang berdasarkan pada tujuan evaluasi, evaluator, waktu evaluasi, dan model evaluasi. Faktor hambatan pembelajaran yang dihadapi diantaranya : peserta pelatihan kesulitan memahami terkait materi belajar tertentu dan peserta pelatihan kurang disiplin waktu dalam mengikuti pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah pengelolaan pembelajaran yang terdiri atas : perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dilakukan secara terstruktur dan sistematis. Tujuan pembelajaran adalah untuk membekali peserta pelatihan agar mampu menguasai keahlian dalam bidang komputer. Bahan ajar disesuaikan dengan mengacu pada kurikulum yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dunia usaha/dunia industri. Metode belajar di optimalisasikan ke praktek dalam rangka untuk menumbuhkan keahlian peserta pelatihan dalam menguasai materi-materi belajar. Faktor hambatan pembelajaran yang dihadapi di antaranya : peserta pelatihan kesulitan memahami terkait materi-materi belajar tertentu dan peserta kurang disiplin waktu dalam mengikuti pembelajaran. Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini adalah tentang metode belajar yang sebaiknya perlu menerapkan metode diskusi agar peserta pelatihan dapat saling berpendapat atau berkontribusi lebih dalam terkait materi-materi belajar serta tentang waktu belajar yang perlu disesuaikan dengan beban atau tingkat materi-materi belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan pembelajaran, Pelatihan Komputer.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Sep 2021 03:48
Last Modified: 27 Sep 2021 03:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46792

Actions (login required)

View Item View Item