KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN BUKU SAKU TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN DI GUGUS NYI AGENG SERANG KOTA SEMARANG


Ainun Fatiha Utami, 1401416309 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN BUKU SAKU TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN DI GUGUS NYI AGENG SERANG KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416309.pdf - ainun fatiha utami.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan muatan pelajaran yang mempelajari mengenai tingkah laku manusia dalam proses kehidupan, dan memiliki tujuan agar siswa memiliki kesadaran mengenai masalah sosial serta bagaimana pemecahan masalahnya. Hasil refleksi menunjukkan bahwa minat siswa yang kurang pada muatan pelajaran IPS dikarenakan harus dihafal, hal ini menyebabkan kurang adanya timbal balik antara guru dan siswa karena siswa menjadi pasif. Maka, diperlukan solusi dalam pembelajaran yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Think, Talk, and Write berbantuan buku saku pada muatan pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan : (1) menguji keefektifan model Think Talk Write berbantuan buku saku terhadap minat belajar IPS kelas IV SDN di Gugus Nyi Ageng Serang; (2) menguji keefektifan model Think, Talk, Write berbantuan buku saku terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN di Gugus Nyi Ageng Serang. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, menggunakan desain Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Grup Design, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV, yang menggunakan 3 kelas penelitian, terbagi menjadi kelas uji coba di SD Negeri Mangkang Wetan 02, kelas eksperimen di SD Negeri Mangkang Kulon 01, kelas kontrol di SD Negeri Mangkang Kulon 02. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda, pedoman wawancara, observasi, angket minat, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji T test, dan N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan di kelas kontrol dibuktikan dengan perhitungan N-Gain pada kelas eskperimen yaitu 0,7 termasuk pada kategori tinggi dan di kelas kontrol yaitu 0,5 termasuk pada kategori sedang. Kemudian hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 0,7 > 0,5. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif pada penerapan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan buku saku efektif terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas IV Gugus Nyi Ageng Serang Kota Semarang. Pembelajaran dengan menggunakan model Think Talk Write berbantuan buku saku sebaiknya dipersiapkan dengan baik melipuyi menentukan materi yang sesuai dan mendukung siswa agar siswa terlibat aktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Think, Talk, Write; buku saku; minat; hasil belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Social Behavior
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 27 Sep 2021 03:49
Last Modified: 27 Sep 2021 03:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46791

Actions (login required)

View Item View Item