PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA SMA DI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Aqli Budi Pangestu, 3101416023 (2020) PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA SMA DI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA SMA  DI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG] PDF (PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA SMA DI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pangestu, Aqli Budi. 2020. Penggunaan Sumber Belajar Sejarah Pada SMA Di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Arif Purnomo, S.S., S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Penggunaan, Sumber Belajar Sejarah. Penggunaan sumber belajar sejarah pada pembelajaran mempermudah tugas guru dalam memberikan materi kepada siswa serta menjadi patokan materi yang akan diberikan, hal tersebut juga membuat tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Sumber belajar juga merupakan salah satu hal wajib yang harus ada dalam pembelajaran sejarah, karena tercantum dalam silabus maupun RPP. Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Menganalisis cara guru sejarah mengidentifikasi sumber belajar sejarah yang dimanfaatkan dalam pembelajaran sejarah pada SMA di Kecamatan Gunungpati, 2) Menganalisis cara guru mengolah sumber belajar sejarah yang dibuat sendiri dalam pembelajaran sejarah pada SMA di Kecamatan Gunungpati, 3) Menganalisis cara guru memanfaatkan sumber sejarah dalam pembelajaran sejarah pada SMA di Kecamatan Gunungpati. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan meggunakan strategi penelitian studi kasus. Sumber data yang diperoleh adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, serta dokumen. Dalam menguji keabsahan data digunakan ternik triangulasi. Hasil penelitian ini: 1) Setiap guru memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengidentifikasi sumber belajar, seperti dengan melihat KI/KD atau materi, mencari sumber belajar yang sesuai, membandingkan sumber belajar yang ada, serta dengan melihat situasi pembelajaran untuk mengetahui sumber mana yang baik digunakan dalam pembelajaran, 2) guru mengolah sumber belajar dengan menampilkan slide Powerpoint di depan kelas dengan menggunakan proyektor, dan materi pembelajaran yang dibuat sebagai pelengkap materi yang telah ada untuk disampaikan kepada siswa, 3) Guru SMA se-kecamatan Gunungpati telah memanfaatkan sumber belajar sejarah, yaitu dengan cara selalu menggunakan sumber belajar tersebut dalam pembelajaran sejarah yang mereka ampu, sumber belajar sejarah yang digunakan pun tidak hanya satu, tetapi beberapa jenis sumber belajar sejarah, termasuk dengan sumber yang dibuat sendiri. Saran yang diberikan oleh penulis, yaitu: penggunaan berbagai jenis sumber belajar sejarah harus dapat selalu optimal, apalagi dalam situasi pandemi seperti sekarang, guru harus dapat memberi siasat agar sumber belajar sejarah yang digunakan dalam pembelajaran tetap optimal. Meningkatkan kemampuan dalam bidang teknologi, agar guru dapat mencari sumber belajar sejarah dan membuat sumber belajar sendiri dengan baik dan lancar, untuk menambah variasi, dan kemudahan dalam memberikan materi kepada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Sumber Belajar Sejarah.
Subjects: D History General and Old World > Historical Studies
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 27 Sep 2021 03:30
Last Modified: 27 Sep 2021 03:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46789

Actions (login required)

View Item View Item