HUBUNGAN MOTIVASI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN TANGGUNGHARJO KABUPATEN GROBOGAN


Yanuar Putro Santoso, 1401416299 (2020) HUBUNGAN MOTIVASI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN TANGGUNGHARJO KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416299 - SWRK Record.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi belajar dan fasilitas belajar belajar merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPA siswa. Perbedaan tingkat perhatian orang tua dan motivasi belajar menyebabkan hasil belajar antar siswa berbeda. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa; (2) menguji hubungan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar IPA siswa; (3) menguji hubungan antara motivasi belajar dan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan metode dengan data kuantitatif korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan sebanyak 120 siswa, dan sampel sebanyak 120 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Variabel penelitian ini meliputi perhatian fasilitas belajar, motivasi belajar, dan hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa, nilai rhitung = 0, 0,631, termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 39,8%; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar IPA siswa, nilai rhitung = 0, 0,486, termasuk kategori sedang serta berkontribusi sebesar 23,6%; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPA siswa, nilai rhitung = 0,653 termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 42,6% terhadap hasil belajar siswa dan 67,4% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Simpulan penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar muatan pembelajaran IPA siswa; ada hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar muatan pembelajaran IPA siswa; ada hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa. Semakin tinggi tingkat fasilitas belajar dan semakin tinggi motivasi belajar, maka semakin baik pula hasil belajar IPA. Bagi sekolah, guru, maupun orang tua, hendaknya memperhatikan kebutuhan siswa, sehingga siswa dapat semangat dalam mencapai keberhasilan belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: fasilitas belajar, hasil belajar; motivasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 27 Sep 2021 03:18
Last Modified: 27 Sep 2021 03:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46786

Actions (login required)

View Item View Item