HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP PERHATIAN ORANG TUA DAN EFIKASI DIRI DENGAN KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS SAWOJAJAR KECAMATAN BANYUMANIK SEMARANG


Amirah Makarim, 1401416294 (2020) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP PERHATIAN ORANG TUA DAN EFIKASI DIRI DENGAN KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS SAWOJAJAR KECAMATAN BANYUMANIK SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416294 - Amirah Makarim.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Perhatian dari orang tua dan efikasi diri merupakan salah dua dari beberapa faktor yang mempengaruhi kecemasan belajar Matematika siswa. Optimalnya perhatian dari orangtua serta tingginya efikasi diri siswa akan meminimalkan kecemasan belajar Matematika yang dialami siswa. Perhatian orang tua merupakan pemusatan seluruh tenaga dan pikiran orang tua dalam memenuhi kebutuhan fisik dan psikis anak. Persespi siswa terhadap perhatian orang tua merupakan penilaian siswa mengenai seberapa besar perhatian orang tua yang ia terima. Efikasi diri merupakan keyakinan sesorang terhadap kemampuannya untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji hubungan antara persespi siswa terhadap perhatian orang tua dengan kecemasan belajar Matematika siswa, (2) menguji hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan belajar Matematika siswa, (3) menguji hubungan antara persespi siswa terhadap perhatian orang tua dakam perspektif siswa dn efikasi diri dengan kecemasan belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri Gugus Sawojajar Banyumanik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Gugus Sawojajar Kecamatan Banyumanik Semarang sebanyak 219 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 116 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Variabel penelitian ini meliputi persespi siswa terhadap perhatian orang tua, efikasi diri siswa, dan kecemasan belajar Matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi pearson. Hasil analisis data menunjukkan: (1) ada hubungan negatif dan signifikan antara persespi siswa terhadap perhatian orang tua dengan kecemasan belajar Matematika siswa dengan perolehan nilai rhitung = -0,275; (2) ada hubungan negatif dan signifikan antara efikasi diri dengan kecemasan belajar Matematika siswa dengan perolehan nilai rhitung = -0,511; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara persespi siswa terhadap perhatian orang tua dan efikasi diri dengan kecemasan belajar Matematika siswa dengan perolehan nilai rhitung = 0,520 termasuk kategori sedang serta berkontribusi sebesar 27,04% terhadap kecemasan belajar Matematika siswa dan 72,96% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Simpulan penelitian ini menunjukkan ada hubungan negatif dan signifikan antara persespi siswa terhadap perhatian orang tua dengan kecemasan belajar Matematika siswa; ada hubungan negatif dan signifikan antara efikasi diri dengan kecemasan belajar Matematika siswa; ada hubungan yang positif dan signifikan antara persespi siswa terhadap perhatian orang tua dan efikasi diri dengan kecemasan belajar Matematika siswa. Disarankan agar guru dan orang tua dapat bekerjasama untuk meningkatkan dan menjaga efikasi diri siswa sehingga akan mengurangi kecemasan belajar Matematikanya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efikasi diri, kecemasan belajar Matematika, perhatian orang tua, persepsi siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 27 Sep 2021 02:59
Last Modified: 27 Sep 2021 02:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46778

Actions (login required)

View Item View Item