PERAN SEKOLAH DALAM PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA BOLAVOLI DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN SEMARANG BARAT


Riko Putra Prasetya, 6102415024 (2020) PERAN SEKOLAH DALAM PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA BOLAVOLI DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN SEMARANG BARAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN SEKOLAH DALAM PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA BOLAVOLI DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN SEMARANG BARAT] PDF (PERAN SEKOLAH DALAM PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA BOLAVOLI DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN SEMARANG BARAT) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang permasalahan ini adalah Sekolah Dasar Negeri SeKecamatan Semarang Barat didapatkan informasi bahwa beberapa sekolah untuk prestasi olahraga bolavoli masih rendah. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran sekolah dalam pembinaan olahraga bolavoli di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang? Tujuan dalam Penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran sekolah dalam pembinaan olahraga bolavoli di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah sekolah yang tidak memiliki pembinaan olahraga bolavoli di Kecamatan Semarang Barat yang berjumlah 7 Sekolah. Objek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PJOK, dan Komite Sekolah yang berada di Kecamatan Kecamatan Semarang Barat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan data reduction, data display, dan data conclusion drawing/ verification. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh data, 1) Peran kepala sekolah dalam kondisi sedang, karena semua kepala sekolah melibatkan guru olahraga, komite sekolah, untuk membicarakan program pembinaan olahraga bolavoli dan kepala sekolah mengecek sarana prasarana apa saja yang diperlukan untuk latihan bolavoli, 2) Peran guru PJOK dalam kondisinya sedang, karena untuk latihan bolavoli ada sekolah yang hanya memiliki 1 bola dan tidak punya sarana lain seperti net bolavoli, tiang net bolavoli, pembatas net roots dan cones, dan 3) Peran komite sekolah dalam kondisi sedang, karena semua komite sekolah hanya mendukung semua pembinaan olahraga bolavoli. Simpulan dalam penelitian ini adalah peran sekolah dalam pembinaan olahraga bolavoli di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Semarang Barat dalam kategori sedang. Saran dari penelitian ini adalah untuk Kepala Sekolah agar ada pertemuan rutin untuk membahas pembinaan olahraga bolavoli memberikan solusi bersama-sama tentang kurangnya sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Sekolah, Pembinaan, Bolavoli
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 27 Sep 2021 01:20
Last Modified: 27 Sep 2021 01:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46766

Actions (login required)

View Item View Item